oleh

Amazing, Ini Dia Lengan Robot yang Bisa Dikendalikan Lewat Pikiran

PortalMadura.Com – Kehidupan yang kian serba praktis, mengharuskan kecanggihan teknologi di dunia robotik untuk makin berkembang. Nah, salah satunya yang kini banyak dikembangkan adalah mengenai mesin yang bisa melengkapi aktivitas tubuh manusia.

Sebagaimana para peneliti dari Advanced Telecommunications Research Institute di Kyoto Jepang, membuat sebuah teknologi lengan ketiga. Seperti apakah?.

Robot tersebut memungkinkan pemakainya untuk melakukan berbagai aktivitas dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, lengan ketiga tersebut juga dikendalikan hanya dengan pikiran.

“Alih-alih sistem lengan robot, saya akan menyebutnya Brain Machine Interface (BMI) for multitasking,” kata salah seorang peneliti di proyek tersebut, Christian Penaloza.

“Sistem BMI tradisional sebagian besar digunakan untuk memulihkan atau mengganti fungsi yang hilang dari seorang penyandang cacat, yang tetap tidak meningkatkan kemampuan pengguna yang sehat,” tambah Penaloza.

Penaloza mengatakan, sistem BMI umumnya mengharuskan pengguna untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu seperti mengendalikan lengan robot atau kursi roda, sementara tubuh tetap diam.

Loading...

“Ini berarti pengguna hanya bisa melakukan satu tugas. Karena keterbatasan sistem BMI saat ini, lebih baik pengguna yang sehat untuk menggunakan tubuh mereka sendiri” ujarnya.

Lengan robot yang mereka ciptakan dalam demonstrasi dikendalikan melalui dua elektroda yang dipasangkan di kepala pengguna. Ini berguna untuk menangkap aktivitas otak mereka.

Selain itu, penggunanya juga tidak perlu perhatian penuh sehingga membuat mereka mampu mengontrol lengan untuk melakukan tugas tertentu.

Para peneliti juga melakukan percobaan dengan meminta pengguna untuk melakukan tugas menyeimbangkan bola, sementara lengan tersebut memegang botol.

Penaloza mengatakan, di masa depan mungkin orang-orang bisa menggunakan alat tersebut untuk berbagai pekerjaan seperti konstruksi atau manufaktur. Bahkan, suatu saat bisa saja teknologi itu tidak terbatas pada lengan robot saja.

“Mungkin di masa depan kita dapat menggunakan sistem ini untuk mengontrol perangkat lain seperti peralatan rumah tangga, ponsel, atau mesin sementara kita melakukan tugas lain” ungkapnya. (liputan6.com/Salimah)

Komentar