oleh

Anadolu Agency Ucapkan Terima Kasih Atas Solidaritas Media di Indonesia

PortalMadura.Com, Jakarta – Anadolu Agency menyampaikan ucapan terima kasih kepada organisasi media dan Masyarakat di Indonesia atas solidaritasnya terkait serangan Israel ke kantor berita Turki itu di Gaza.

Direktur Utama Anadolu Agency Senol Kazanci mengatakan serangan kepada Anadolu Agency dan wartawannya adalah serangan terhadap kebebasan pers dan kebebasan publik untuk mendapatkan informasi.

“Anadolu Agency bersama tim yang berada di Palestina dan Gaza akan terus menyampaikan kepada dunia tanpa bisa dihentikan terkait perjuangan bangsa Palestina dan tindakan Israel yang tak dapat dibenarkan,” ujar Kazanci dalam pernyataannya pada Senin kemarin.

Menurut Kazanci, serangan-serangan Israel yang gegabah terhadap warga sipil, anak-anak, wanita dan orang tua kini telah berubah.

Israel, kata Kazanci, kini mulai menyerang media, kebebasan pers, dan hak Masyarakat dunia untuk mendapatkan informasi.

Sebelumnya, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mengutuk keras serangan Israel terhadap kantor Anadolu Agency di Gaza. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (7/5/2019).

Presiden Direktur LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat mengatakan Anadolu Agency menjalankan fungsinya sebagai kantor berita secara professional.

“Kami yakin bahwa kami dapat mewakili Masyarakat pers Indonesia dalam menyampaikan kecaman terhadap serangan kepada kebebasan pers ini,” ujar Meidyatama kepada Anadolu Agency, pada Minggu.

Meidyatama mengatakan LKBN Antara menyesali eskalasi yang terus terjadi di Gaza.

LKBN Antara, lanjut Meidyatama, juga mengimbau semua pihak untuk berlaku bijak dan menghentikan serangan yang menyengsarakan warga tak berdosa.

Terlebih, imbuh Meidyatama, saat ini umat Muslim tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

“LKBN Antara tegap dalam solidaritas bersama Anadolu Agency guna melawan rasa takut yang dilancarkan dalam serangan roket Israel dan berkomitmen menegakkan fungsi pers secara professional di Gaza dan Tepi Barat, serta ikut memperjuangkan hak-hak warga Palestina yang berdaulat,” urai Meidyatama.

Organisasi jurnalis di Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, juga mengutuk serangan rudal Israel terhadap kantor berita Anadolu Agency di Gaza.

Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan, mengatakan serangan itu tidak menghargai konvensi Internasional yang menjadikan lembaga seperti rumah sakit, media dan organisasi kemanusiaan sebagai pihak yang tak terlibat konflik.

“Pihak yang tidak terlibat konflik tak boleh diserang,” tegas Manan, Minggu, kepada Anadolu Agency.

Manan menengarai Israel sengaja melakukan penyerangan itu, terkait aktivitas Anadolu Agency sebagai kantor berita yang rutin memberitakan serangan dan pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan Israel ke Palestina.

Pesawat-pesawat tempur Israel menghantam gedung Anadolu Agency dengan setidaknya lima rudal setelah tembakan peringatan, lapor koresponden kantor berita Turki tersebut di Yerusalem.

Tak ada korban terluka atau tewas dalam insiden tersebut.

Serangan itu terjadi menyusul laporan soal dua tentara Israel yang terluka oleh tembakan di dekat zona penyangga Gaza-Israel pada Jumat lalu.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengumumkan bahwa jumlah warga yang terbunuh akibat serangan Israel sejak Sabtu pagi hingga hari ini, Senin, meningkat menjadi 24 jiwa.

Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Komentar