oleh

Anak Anda Suka Berkata Kasar? Begini Cara Mengatasinya

PortalMadura.Com – Pernah mendapati anak yang berkata kasar di depan Anda?. Entah itu karena sikapnya yang berubah atau keinginannya tidak terwujud, maka saat itu terjadi, kemungkinan sebagai orang tua akan langsung marah.

Tidak sedikit juga yang emosinya langsung terpancing dan sulit mengendalikan keadaan. Upaya untuk menanggapinya bisa beragam, mulai dari menjawabnya dengan nada kasar juga, memarahinya habis-habisan atau pun menggunakan cara kasar seperti mencubit atau memukul.

Di antara sikap tersebut, ternyata menyikapi anak yang demikian tidak lantas juga melakukan hal yang sama, justru saat anak mulai berkata kasar ada beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu bersikap masa bodoh.

Dilansir Fimela.com, yang dikutip dari positiveparentingsolutions.com, saat anak mulai drama dan berkata kasar, Anda bisa memilih untuk tidak langsung meresponsnya. Sesaat kemudian, Anda bisa menyampaikan respons, “Kamu tak boleh berkata pada ibumu seperti ini,” dan semacamnya.

Perlu Anda tahu, anak-anak berkata kasar atau membantah kadangkala hanya untuk membuat Anda marah dan terpancing, jadi jangan buat mereka puas atas amarah Anda padanya.

Ada suatu kondisi di mana Anda bisa mengungkapkan unek-unek yang ada di pikiran pada anak. Pada saat itu, Anda bisa mengucapkan kata sederhana tapi bisa menyentuhnya.

Loading...

Ketika anak sudah bisa diajak bicara, sampaikan, “Ibu sedih saat kamu bicara seperti itu”. Saat mendengar suara begitu, Ibu ingin pergi saja. Kita akan bicara lagi saat kamu sudah lebih tenang”. Setelah itu, Anda bisa menjauh darinya untuk beberapa saat.

Jika anak masih saja terus mengulangi kebiasaan berkata kasarnya, Anda bisa langsung menjauh dan meninggalkannya. Dengan cara ini, Anda sudah menyampaikan pesan bahwa Anda tidak ingin bermasalah dengannya.

Saat anak menyadari bahwa tidak ada yang ia “lawan” lantaran Anda mengabaikannya, maka kemungkinan ia pun tidak akan makin rewel dan melakukan hal-hal yang penuh drama lagi di depan Anda.

Baca Juga : Bunda, Ini 6 Cara Atasi Anak yang Berkata Kasar di Hadapan Orang Lain

Pada dasarnya memang tidak mudah menyikapi anak yang berkata kasar, apalagi sikap itu sering ia lakukan. Ada anak yang melakukannya semata-mata untuk mencari perhatian. Ada juga yang melakukannya karena merasa tidak pernah diperhatikan.

Jadi, intinya Anda perlu lebih jeli mencari tahu penyebab anak melakukan hal demikian untuk bisa menemukan solusi terbaiknya. Semoga tips ini membantu.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar