PortalMadura.com

Anak Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Hentikan Dengan Cara Ini!

  • Minggu, 21 Februari 2016 | 07:00
Anak Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Hentikan Dengan Cara Ini!
Ist.Net

PortalMadura.Com – Kebiasaan mengigit kuku pada anak-anak adalah salah satu kebiasaan buruk yang membuat orang tua kesal. Menurut para ahli, menggigit kuku juga bisa membahayakan kesehatan anak karena bisa memudahkan kuman dan kotoran masuk ke tubuh si kecil lewat mulut.

Selain itu, Sebuah penelitian menyatakan 50% dari anak-anak antara usia 10 dan 18 memiliki kebiasaan menggigit kuku akan memiliki periode stres di rumah atau di sekolah, kebosanan atau kekurangan kalsium.

Nah, untuk menghentikan kebiasaan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua. Apa saja?

Potong Kuku
Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, orang tua perlu memastikan bahwa mereka rutin memotong kuku anak. Jangan biarkan kuku tumbuh terlalu panjang supaya mereka tidak punya kesempatan untuk melakukan kebiasaan ini.

Peringati Anak
Apabila anak Anda mulai menggit kukunya, berilah dia peringatan dengan cara memegang tangannya ataupun kode lain yang memberikan petunjuk bahwa Anda melihatnya sedang menggigit kuku.

Memberikan Rasa Pahit Pada Kuku Anak
Ada banyak cairan yang dapat Anda beli untuk menutupi kuku dengan bahan pahit namun tidak berbahaya. Anda perlu memastikan bahwa ini dapat diterapkan secara teratur. Ini adalah salah satu metode yang paling populer digunakan untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruk anak Anda.

Tingkatkan Kesadaran Pada Anak
Perlu Anda beri pengertian pada si kecil bahwa menggigit kuku adalah kebiasaan yang buruk dan tidak disukai orang-orang di sekitar. Selain itu, perlu Anda ajarkan juga apa pentingnya menjaga kesehatan kuku.

Buat Anak Anda Sibuk
Untuk mengalihkan perhatiannya, beri si kecil berbagai kegiatan yang membuat dia lupa akan kebiasaannya. Atau, Anda juga bisa memberinya cemilan yang sehat untuk mengalihkan kebiasaannya.

Meningkatkan Asupan Kalsium
Anda dapat meningkatkan konsumsi kalsium pada menu makan anak anda untuk menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku pada anak anda. Tingginya kadar kalsium dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk susu dan buah kering. (detik.com/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional