Anak Remaja Anda Suka Berargumen? Ikuti 7 Tips Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Anak Remaja Anda Suka Berargumen? Ikuti 7 Tips Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Remaja saat ini, umumnya memiliki karakter yang suka berargumen. Mereka berani protes terhadap hal yang tidak disukainya atau tidak sependapat, termasuk nasihat orangtua. Sebenarnya, remaja sering kali belum paham betul mengenai hal yang mereka kritisi, karena fungsi kognitifnya belum sempurna.

Oleh karena itu, agar situasi tidak memburuk, ketika ingin menasihati anak orangtua harus bisa menjelaskan alasannya dengan logika. Lantas, bagaimana orangtua menghadapi sikap remaja seperti ini?.

Berikut tujuh cara berargumen sehat dengan anak remaja Anda:

Jangan Takut Berargumen
Saat berdebat dengan orangtua, remaja sesungguhnya ingin memerlihatkan sudut pandang mereka. Dengan kata lain, argumen mungkin satu-satunya cara mereka memberi tahu Anda mengenai perasaannya.

Gunakan Pendekatan Halus
Beri tanggapan yang tepat setiap kali mereka berkata, seperti “Mama tidak akan mengerti” atau “Papa tidak tahu apa yang saya bicarakan”. Untuk itu, Anda jangan mengatakan “Mama tahu, Mama pernah melalui itu semua”, tetapi coba kalimat lebih halus seperti “OK, mungkin Mama tidak mengerti, tetapi Mama akan membantu memahami”.

Terapkan Pengasuhan Logis
Remaja sangat terbiasa diberi tahu apa yang harus dilakukan oleh orang dewasa. Sebagai orangtua, Anda perlu memberi alasan setiap kali melarang, agar anak lebih mengerti dan bertanggung jawab dalam tindakan mereka.

Lihat yang Tersirat
Jadilah orangtua yang pengertian dan tanyakan apa yang menyebabkan dia melakukan sesuatu. Misalnya, bisa jadi keinginan fanatik mereka memainkan gim komputer terbaru adalah tanda mereka butuh pelarian dari stres akibat hal tidak menyenangkan di sekolah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.