Anda Ingin ke Australia? Yuk Pelajari Aturan dan Barang Terlarang yang Ada Disana

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Ingin ke Australia? Yuk Pelajari Aturan dan Barang Terlarang yang Ada Disana
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap negara memiliki aturan yang berbeda untuk memberikan izin visa maupun sejumlah barang-barang yang diizinkan untuk dibawa dan masuk ke dalam negara tersebut, Baik itu Negara maju ataupun Negara berkembang.

misalnya, Negeri Kanguru ini dikenal sebagai salah satu negara yang selektif dalam mengeluarkan visa serta barang bawaan yang dibawa warga negara asing saat berkunjung ke negara satu ini.

Namun, tidak perlu khawatir. Karena, apabila Anda paham dan mengikuti betul aturan yang ditetapkan pemerintah setempat, maka dijamin tidak akan mengalami kendala atau bermasalah ketika datang ke Australia. Mau tau apa saja jenis visa dan barang bawaan yang terlarang saat berkunjung ke Australia?

1. Obat-obatan terlarang

Segala macam jenis obat-obatan terlarang seperti narkotika dan sejenisnya dilarang masuk negara ini. Sekalipun Anda membawa obat-obatan pribadi, lebih baik menuliskan kata ‘Ya' di kartu kedatangan, agar petugas bisa mengambil kesimpulan apakah obat yang Anda bawa kategori terlarang atau bukan. Pastikan juga Anda membawa resep dokter saat membawa obat tersebut.

2. Senjata api, senjata tajam dan bahan peledak

Sama dengan negara lainnya, Australia juga melarang setiap tamu yang masuk ke negara ini membawa segala jenis senjata api, senjata tajam dan bahan peledak. Tidak ada pengecualian untuk hal ini, bahkan senjata seperti paintball pun dilarang masuk.

3. Sepatu kotor dan bubuk

Ketika tiba di bandara, pelabuhan atau pos perbatasan di Australia, pastikan sepatu dan peralatan lainnya bebas dari tanah, lumpur, tanah liat, kotoran hewan atau bahan tanaman seperti daun dan kulit kayu. Hal ini diberlakukan untuk memastikan negara tersebut bebas dari berbagai macam kontaminasi.

Jika Anda membawa barang-barang dalam bentuk bubuk sebaiknya tidak disimpan di dalam kabin pesawat. Laporkan juga kepada petugas imigrasi.

4. Sayuran, daging dan produk olahan susu

Segala jenis macam sayuran, daging dan olahan susu dilarang masuk Australia. Karena, negara ini kaya akan hal tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa sayuran, daging maupun produk olahan susu dari negara asal.

Nah itu tadi beberapa barang yang sudah pasti  dilarang masuk ketika Anda mengunjungi Australia. Ada baiknya untuk memudahkan pengecekan oleh petugas bandara, pisahkan barang yang akan di cek dan barang pribadi Anda yang lain. Barang-barang lain bisa Anda temukan di kartu kedatangan.

Saran untuk Anda, laporkan pada kartu kedatangan atau form custom Australia mengenai beberapa barang yang tercantum di kartu tersebut, apabila Anda memang membawanya. Jangan coba-coba berbohong. Dengan melaporkan seluruhnya dan tidak ada yang disembunyikan pastinya perjalanan Anda akan lebih aman dan lebih tenang untuk menjalani hari Anda di Australia.

Namun tidak hanya di Australia, pastinya Negara yang lain juga memiliki aturan yang serupa ataupun lain atau bahkan lebih ketat. Jika anda ingin pergi liburan, anda harus berhati-hati memilih barang yang akan anda bawa. Intinya harus kesadaran diri sendiri dulu. (GoldenRama.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.