Anda Takut Naik Pesawat Terbang? Atasi dengan 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Anda Takut Naik Pesawat Terbang Atasi dengan 6 Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Perjalanan udara seringkali membuat khawatir kebanyakan orang. Sebab, memiliki risiko yang cukup tinggi. Apalagi jika ada kejadian pesawat yang jatuh. Biasanya akan bikin sebagian orang takut untuk naik pesawat.

Tapi jangan keringat dingin dulu guys, karena bukan tidak mungkin sewaktu-waktu Anda membutuhkan perjalanan udara. Nah, ini dia cara ampuh agar Anda bisa menghilangkan rasa takut itu untuk naik pesawat.

Berikut caranya:

Mengetahui Prosedur Keamanan Penerbangan
Edukasi diri Anda dengan mengetahui berbagai prosedur keamanan penerbangan mungkin jadi bekal utama yang bisa mendatangkan sedikit ketenangan. Menegakkan sandaran tempat duduk dan menaikkan penutup jendela adalah dua di antaranya.

Juga, jangan ragu menegur penumpang yang melanggar prosedur ini ketimbang Anda terus merasa gelisah melihatnya. Mana tahu kecerobohan satu orang akan menyusahkan yang lain di keadaan darurat.

Pilih Duduk di Bagian Depan
“Jika Ada pernah duduk di bagian belakang bis dan merasakan guncangan yang lebih keras, kenyataan ini juga berlaku untuk pesawat terbang,” tutur Kevin Kelly, seorang pilot senior salah satu maskapai penerbangan Amerika Serikat.

Juga, pilihlah tempat duduk yang nyaman bagi Anda. Apakah itu window seat, middle seat, atau aisle seat. Early check in atau membeli kursi di beberapa maskapai membuat Anda bisa memilih mau duduk di mana ketika di pesawat terbang.

Bawa Barang untuk Alihkan Perhatian
Sudah nyaman di kursi, cara lain yang bisa dilakukan supaya Anda tidak takut selama berada di pesawat terbang adalah dengan membawa barang-barang untuk mengalihkan perhatian, terutama saat turbulensi.

Membawa notes untuk corat-coret atau buku fisik bisa jadi cara efektif untuk mengalihkan perhatian. Kalau bisa, jangan mengalihkan perhatian dengan barang elektronik karena beberapa di antaranya, termasuk earphone wireless, bisa memengaruhi sinyal komunikasi atau tidak.

Ambil Pelajaran Simulasi Penerbangan
Meletakkan Anda di simulator penerbangan dengan harapan seolah mengendalikannya sedikit-banyak membantu menghindari rasa takut berlebihan ketika . Perasaan ini ‘dibeli' semata dengan terbiasa berada di format ruangan seperti di dalam sang burung besi.

Upgrade Kelas
Saran ini kiranya bisa dipertimbangkan jika Anda hendak melakoni penerbangan panjang. Dengan distraksi yang kemudian malah membuat Anda bosan, istirahat dan menikmati ragam fasilitas bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi ketakutan selama di pesawat terbang.

Ambil business class, bahkan kalau perlu first class, agar merasa nyaman selama penerbangan. Fasilitas yang ditawarkan, mulai dari makanan, hiburan, bahkan bisa mandi di pesawat terbang, membuat Anda bisa lupa akan rasa takut tersebut.

Bertemu Psikiater
Jika memang benar-benar perlu, Anda bisa menjadwalkan untuk bertemu dengan psikiater agar mendapat treatment yang diperlukan agar tak lagi terbang. “Jika Anda mengubah pikiran Anda, maka Anda juga bisa mengubah respons dan kebiasaan Anda,” tutur Lisa Jackson, editor Eat Drink Travel, yang juga pernah takut melakoni perjalanan udara. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.