Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Manfaat Daun Saga untuk kesehatan
Manfaat Daun Saga

PortalMadura.Com – Salah satu tumbuhan yang banyak ditemui di hutan atau ladang bahkan sekitar rumah dan memiliki biji mirip kacang polong yaitu pohon saga.

Saga pohon (Adenanthera pavonina) adalah pohon yang buahnya menyerupai petai (tipe polong) dengan bijinya kecil berwarna merah. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan namun sekarang telah tersebar pantropis.

Uniknya memiliki rasa manis dan bisa dibuat obat-obatan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk Kesehatan

Nah, ini beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan:

Obat Amandel

Caranya ambil daun dan akar daun saga kemudian bersihkan di tambahkan gula batu,kayu manis yang sudah di cuci bersih.

Kemudian rebuslah sampai mendidih semua bahan yang sudah di persiapkan dengan 4 gelas air sisakan menjadi ½ gelas kemudian diamkan dan di saring dan minum rebusan air daun saga satu hari dua kali di waktu pagi dan sore semoga dengan cara herbal ini dapat menyebuhkan penyakit Amandel.

manfaat daun saga

Obat Sariawan

Caranya ambil daun saga yang masih segar alias baru di petik dari pohonnya kemudian diamkan di tempat yang agak panas agar daunnya layu kemudian anda cuci bersih dan kunyahlah daun saga sampai halus.

Kemudian lakukan untuk berkumur-kumur dan jangan sampai di telan semoga dengan cara ini sariawan anda akan lekas sembuh.

Obat Panas Dalam

Caranya ambil daun saga kira-kira 15 tangkai daun saga kemudian cuci daun saga hingga bersih selanjutnya rebuslah daun saga dengan menggunakan air 2 gelas hingga mendidih.

Sisakan air rebusan daun saga ½ gelas dinginkan dan saring minumlah rebusan daun saga satu kali sehari semoga dengan cara ini panas dalam akan lekas sembuh.

Obat Batuk Kering

Caranya ambil daun saga secukupnya cuci hingga bersih tambahkan daun asam,kayu manis selanjutnya rebus daun saga dengan 2 gelas air hingga mendidih sisakan ½ gelas kemudian dinginkan dan saring rebusan daun saga.

Minumlah sehari 2 kali dengan komposisi ½ gelas semoga dengan cara ini batuk kering akan lekas sembuh.

Obat Bronkitis

Caranya ambil daun saga kira-kira 15 lembar yang masih segar atau baru saja metik dari pohonnya cuci hingga bersih selanjutnya daun saga yang sudah di persiapkan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sisakan 1 gelas setelah dingin.

Kemudian anda saring dan minumlah satu hari satu kali dengan 1 gelas air daun saga yang sudah di rebus semoga dengan cara ini bronchitis akan lekas sembuh.

Selain beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh, ada juga manfaat daun saga bagi bayi.

Manfaat Daun Saga untuk Bayi

Daun saga bisa bermanfaat juga sebagai pereda batuk pada bayi, manfaat daun saga dapat juga bikin bayi tidur lebih pulas serta tak rewel.

Manfaat Daun Saga untuk Batuk

Yaitu juga sebagai obat herbal untuk batuk kering, langkah bikin ramuannya seperti berikut : Siapkan sebagian gr daun saga, daging buah pace yang mateng, serta daun po'o. Tumbuk sampai halus lalu direbus memakai 4 gelas air. Saring serta minum airnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai Manfaat daun saga untuk kesehatan bagi tubuh manusia dengan cara obat herbal atau tradisional dan juga manfaat daun saga untuk bayi.

Manfaat Daun Saga Untuk Mata

Kandungan daun dan akarnya sudah jelas dapat mengatasi dan mengobati berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia. Akarnya dipercaya mampu mengobati sakit amandel, tekanan darah tinggi, jantung berdebar dan keringat dingin. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengboati radang pada mata.

Berikut Ini Ramuan Daun Saga Untuk Radang Mata :

  • Bahan: 1 genggam daun Saga
  • Cara Membuat: daun Saga digiling halus, kemudian direbus dengan 2 gelas air untuk diambil uapnya.
  • Cara Menggunakan : uap air daun saga tersebut dipakai untuk obat tetes mata.

Semoga informasi tentang Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan ini sangat bermanfaat dan membantu Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.