Anda Tidak Punya Ijazah Perguruan Tinggi? Ikuti 6 Resep Ini untuk Tetap Mencapai Kesuksesan

Avatar of PortalMadura.Com
Anda Tidak Punya Ijazah Perguruan Tinggi Ikuti 6 Resep Ini untuk Tetap Mencapai Kesuksesan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pendidikan adalah modal penting untuk mengejar apapun yang diinginkan dalam hidup. Begitupan kesuksesan yang akan menjamin kehidupan kita nantinya. Tetapi bukan berarti orang tanpa pendidikan tinggi tidak bisa meraih kesuksesan. Pada kenyataannya, ada begitu banyak orang yang jadi ‘besar' walaupun mereka tidak mengantongi gelar sarjana.

Namun jangan khawatir untuk kamu yang tidak lanjut ke perguruan tinggi, Mari simak 6 tips berikut untuk tetap sukses tanpa harus punya ijazah Perguruan Tinggi.

Bangun pemikiran bahwa kamu pasti sukses

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan di dalam pikiran bahwa kamu pasti akan sukses. Optimisme semacam ini adalah mantra ajaib untuk mengindoktrinasi diri sendiri. Dan percayalah, banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa pemikiran optimis menciptakan perbedaan besar dalam menggapai kesuksesan.

Tentukan apa yang kamu inginkan

Tak masalah jika perguruan tinggi tidak menjadi prioritas utamamu. Tetapi pastikan kamu tahu apa yang ingin kamu capai di masa depan.

Mulailah dengan gambaran besarnya. Kamu ingin menjadi apa? Apa yang kamu inginkan, kemudian cari tahu bagaimana cara mencapainya? Langkah selanjutnya adalah hal yang paling dekat untuk dilakukan. Langkah konkret apa yang akan kamu ambil saat ini untuk mencapainya?

Membuka pikiran terhadap berbagai informasi

Jika kamu masih belum tahu apa yang ingin kamu lakukan atau lakukan, jangan berpangku tangan. Buka mata, telinga, dan pikiran terhadap banyak hal di sekitarmu. Serap informasi kapan saja dan di mana saja, karena inspirasi bisa datang dari mana saja.

Selalu belajar sesuatu yang baru

Bagus juga kalau kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru saat mencoba mencari tahu apa tujuan masa depanmu. Tidak ada pengetahuan yang tidak berguna. Suatu hari, bahkan keterampilan yang paling sepele pun akan membantumu mencapai tujuan.

Jangan terlalu takut dengan risiko

Itulah yang sering dilakukan orang dengan pendidikan tinggi. Mereka memiliki terlalu banyak teori dan sedikit pengalaman untuk memulai. Sebagai orang yang tidak dibekali pendidikan formal, kesempatanmu berasal dari keberanianmu untuk mengambil risiko. Ini akan menjadi keuntunganmu, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Tentu saja kamu akan menghadapi kesulitan dan kegagalan berkali-kali. Tetapi siapa pun yang berusaha mencapai sesuatu, berpendidikan atau tidak, akan menghadapi hal yang sama.

Jangan berhenti pada satu keberhasilan saja

Ikuti contoh Bob Sadino dalam mencapai kesuksesan. Jika kamu sudah mendapatkan kesuksesan, jangan berhenti di situ saja. Temukan mimpi baru yang lebih tinggi, hancurkan kemapananmu, dan mulailah lagi. Kamu tidak datang sejauh ini hanya untuk sampai sejauh ini.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu lakukan jika ingin sukses tanpa pendidikan tinggi. Temukan mimpimu sekarang dan mulailah untuk meraihnya sekarang juga. Jangan terlalu pesimis untuk memulai sesuatu. Kalau hanya angan yang dipikirkan tentunya memang tidak akan ada hasil yang nyata. Berusahalah tanpa lelah, pantang menyerah, tak usah dengar komentar orang yang menjadikanmu bahan ejekan. Dan jangan lupa untuk berdoa. Semoga bermanfaat guys. (merdeka.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.