oleh

Anggaran Rp1,4 M, Legislatif Sidak Kegiatan DD Yang Diduga Tak Sesuai RAB

PortalMadura.Com, Sampang – Kegiatan fisik dari anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Angsokah, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ditemukan adanya perubahan titik lokasi atau tidak sesuai dengan rencana awal.

Sekretaris Komisi I DPRD Sampang, Auliya Rahman menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang ditemukan dan kualitasnya rendah. “Kualitas fisik terlihat buruk, sehingga pembangunannya banyak yang rusak,” ujarnya, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, prosedur perubahan titik lokasi pembangunan seharusnya dilakukan kesepakatan terlebih dahulu melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). “Jika ada perubahan titik lokasi pembangunan, maka harus ada berita acara yang disepakati bersama,” jelasnya seusai Inspeksi Mendadak (Sidak).

Bahkan, kegiatan pembangunan tersebut dinilai tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat dengan berpedoman pada Rencana Anggaran Biaya (RAB). “Pembangunan yang tidak sesuai dengan RAB yang sudah ada, maka harus dibongkar,” tandasnya.

Kepala Desa Angsokah, Muafi menyebutkan, anggaran kegiatan yang bersumber dari DD/ADD mencapai Rp 1,4 miliar tahun 2019. Dana itu digunakan pada sepuluh titik pekerjaan yang diklaim sudah mencapai sekitar 75 persen.

“Ada plengsengan, rabat beton, jembatan, saluran dan pengaspalan,” pungksnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Salimah

Komentar