Antisipasi Banjir, 1.000 Relawan Bersih-bersih Sungai Kali Kemoning Sampang

Avatar of PortalMadura.com
Antisipasi Banjir, 1.000 Relawan Bersih-bersih Sungai Kali Kemoning Sampang
1000 Relawan Bersih-bersih Sungai Kali Kemoning Sampang (Foto : Rafi)

PortalMadura.Com, – Seribu relawan dari berbagai unsur masyarakat Sampang, Madura, Jawa Timur, melakukan bakti cinta alam dengan bersih-bersih sungai Kali Kemoning setempat, Selasa (31/10/2017).

Ketua Komunitas Relawan Sungai Sampang, sekaligus mewakili masyarakat, Jihad menyampaikan, masyarakat sama-sama siap mencegah dan melindungi kebersihan di sekitar sungai.

“Kami bukan hanya berupaya mengurangi terjadinya banjir. Tapi, bagaimana cara mencegah datangnya banjir. Salah satunya masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” ungkap Jihad.

Selanjutnya, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Anang Djoenaedi memaparkan, bersih-bersih sungai Kali Kemoning melibatkan 1.000 relawan.

“Mereka kita bagi menjadi empat kelompok dan disebar di empat titik,” paparnya pada PortalMadura.Com.

Pembersihan sungai tersebut, dimulai dari hulu sampai hilir dengan tujuan mengantisipasi kemungkinan terhadap risiko terjadinya banjir menjelang musim hujan.

Terpisah, , Fadhilah Budiono merespon baik terhadap masyarakat. Karena dapat berpartisipasi melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang sungai.

“Kesadaran kita dan seluruh masyarakat dengan cara gotong-royong bersih-bersih sungai, merupakan langka awal untuk mengurangi terjadinya banjir. Dan masyarakat di pinggiran sungai juga sadar agar tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya. (Rafi/Har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.