oleh

Antisipasi Banjir, BPBD Sampang Dirikan Dua Posko Bencana

PortalMadura.Com, Sampang – Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Madura, Jawa Timur, membangun posko bencana siaga terpadu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam khususnya di musim hujan.

“Tugas kita memantau cuaca dan keadaan. Apabila ada bencana longsor, puting beliung, dan banjir, tim siaga dari BPBD akan meluncur,” terang Kepala BPBD Sampang, Anang Djoenaedi pada PortalMadura.Com, Rabu (27/12/2107).

Menurutnya, tim siaga terpadu melibatkan beberapa instansi, di antaranya; BPBD, Kodim, Polres, dan Satpol PP. “Pusat posko siaga kita posisikan di pendopo. Lokasi posko kedua ada di kodim,” ungkpanya.

Pihaknya menyampaikan, bahwa terjadinya banjir akibat debit air sungai di wilayah utara Kecamatan Robatal dan Kedungdung yang tidak mampu menampung volume air.

“Banjir sering terjadi ketika debit air sungai mencapai cukup tinggi bersamaan dengan intesitas hujan yang cukup deras,” Ujar Anang.

Namun, apabila intensitas hujan semakin deras dan lama, maka PBPD akan memberikan peringatan dini dan siaga kepada masyarakat supaya mereka bersiap-siap mengamankan barang-barangnya terlebih dahulu sebelum wilayahnya terendam banjir. (Rafi/har)