Antisipasi Banjir, BPBD Sampang Dirikan Dua Posko Bencana

Avatar of PortalMadura.com
Antisipasi Banjir, BPBD Sampang Dirikan Dua Posko Bencana
Posko Siaga Bencana di Pendopo Sampang, (Foto: Rafi)

PortalMadura.Com, – Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Madura, Jawa Timur, membangun posko bencana siaga terpadu untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam khususnya di musim hujan.

“Tugas kita memantau cuaca dan keadaan. Apabila ada bencana longsor, puting beliung, dan banjir, tim siaga dari BPBD akan meluncur,” terang , Anang Djoenaedi pada PortalMadura.Com, Rabu (27/12/2107).

Menurutnya, tim siaga terpadu melibatkan beberapa instansi, di antaranya; BPBD, Kodim, Polres, dan Satpol PP. “Pusat posko siaga kita posisikan di pendopo. Lokasi posko kedua ada di kodim,” ungkpanya.

Pihaknya menyampaikan, bahwa terjadinya banjir akibat debit air sungai di wilayah utara Kecamatan Robatal dan Kedungdung yang tidak mampu menampung volume air.

“Banjir sering terjadi ketika debit air sungai mencapai cukup tinggi bersamaan dengan intesitas hujan yang cukup deras,” Ujar Anang.

Namun, apabila intensitas hujan semakin deras dan lama, maka PBPD akan memberikan peringatan dini dan siaga kepada masyarakat supaya mereka bersiap-siap mengamankan barang-barangnya terlebih dahulu sebelum wilayahnya terendam banjir. (Rafi/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.