oleh

Antisipasi Banjir, Pengairan Sumenep Normalisasi 3 Sungai

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak tiga Kali/Sungai di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal dilakukan normalisasi tahun 2015.

“Normalisasi itu sebagai upaya antisipasi banjir,” terang Kepala Dinas PU Pengairan Sumenep, Eri Susanto, Jumat (16/01/2015)

Ia menjelaskan, tiga Kali/Sungai yang kerap banjir saat curah hujan tinggi, yakni Kali Sungai Marengan, Kali Pinggir Papas Kecamatan Kalianget dan Kali Moangan Sarokah, Kecamatan Saronggi.

Solusi lainnya, berupa pembangunan Penampungan Air di Kali Moangan, Desa Sarokah, Kecamatan Saronggi dengan menerapkan sistem pompa, sehingga pada saat debet air tinggi, bisa langsung di sedot ke penampungan itu.

“Dengan sistem menggunakan pompa, maka dapat mengatasi banjir di wilayah selatan kota. Ini juga akan dibangun tahun ini,” janjinya.

Bila terjadi banjir atau luapan air di Desa Sarokah, maka dampaknya akan menggenangi rumah warga di Kecamatan Lenteng, Saronggi dan Rubaru. “Air ke Kali Moangan itu kiriman dari Sungai Lenteng, dan Sungai Kebunagung,” urainya.

Sebagai antisipasi awal, pihaknya sudah menerjunkan petugas untuk selalu membersihkan sampah di semua Sungai/Kali tersebut. “Ada 17 orang setiap hari bertugas membersihkan sampah,” katanya.(Roni/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE