Antisipasi Demam Berdarah, Dinkes Sumenep Bentuk Tim Promotif Preventif

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur membentuk tim promotif preventif untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti.

“Dalam tim promotif preventif itu ada lima orang anggota dari Dinas Kesehatan,” jelas Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Sumenep, Dwi Regnani, Rabu (12/10/2016).

Tim yang terdiri dari lima orang itu nanti akan turun ke semua Puskesmas secara bergantian untuk melakukan sosialisasi antisipasi penyakit DBD.

“Kemudian, Puskesmas akan turun ke rumah-rumah warga untuk melakukan pengecekan kebersihan lingkungan dan jentik dikamar mandi,” urainya.

Ia berharap, masyarakat juga peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama membersihkan tempat-tempat yang berpotensi terjadi genangan air yang menimbulkan jentik berkembang biak.

“Jangan menunggu ada korban dulu untuk membersihkan lingkungan. Buang sampah yang sekiranya menimbulkan adanya jentik,” harapnya.

Selama tahun 2016, sejak Januari hingga September, tercatat sebanyak 996 orang terjangkit penyakit DBD dengan jumlah kematian sebanyak 5 orang.

“Penyebaran penderita DBD hingga meninggal dunia berada di Kecamatan Kota, Kalianget dan Pragaan masing-masing satu orang dan Rubaru 2 orang,” tegasnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.