Api Obor Asian Games Berlayar dengan Kapal Dewaruci ke Makassar

Avatar of PortalMadura.com
Api Obor Asian Games Berlayar dengan Kapal Dewaruci ke Makassar
(foto: Inasgoc)

PortalMadura.Com, Sulawesi Selatan – Api 2018 yang telah sampai di pulau Sulawesi kini tidak hanya berada di satu titik.

Setelah festival penyambutan api obor semalam, di pantai Tanjung Bira, obor Asian Games 2018 melanjutkan perjalanannya menggunakan .

Dewaruci merupakan kapal TNI Angkatan Laut kebanggaan Indonesia.

Obor yang berlabuh di LANTAMAL VI itu kemudian diarak menuju Anjungan City of . Memasuki kawasan, obor dibawa langsung oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Idrus Marham.

Prosesi penerimaan obor berlangsung di Anjungan City of Makassar dengan cara yang tidak biasa. Obor Asian Games 2018 disambut dengan prosesi A'ngaru, prosesi Pataka, dan Tari Jenakan Gandrang Bulo.

Acara puncak kirab obor Asian Games 2018 di Makassar ini selain dihadiri juga oleh Walikota Makassar, M. Ramdhan Pomanto, GM MOR7 Pertamina yaitu Tengku Fernanda, dan Francis Wanadi selaku Deputi 2 Panitia Penyelenggara Asian Games 2018.

“Tema Energy of Asia merupakan pengingat dan pemantik kita agar terus meningkatkan jiwa nasionalisme kita. Semangat kemenangan harus kita raih dan bangkitkan,” tutur Idrus Marham, dalam Torch Relay, siaran pers, Senin (30/7/2018).

Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa api Asian Games 2018 ini memiliki makna semangat dalam mengukir prestasi. Tentunya, kedatangan api ini merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Makassar.

Sedangkan Tengku Fernanda mengatakan bahwa Pertamina mengambil peran keterlibatan mitra UMKM agar dapat memanfaatkan acara ini, Tidak hanya berbisnis, namun juga menjadi sociopreneur. Semoga Indonesia dapat berjuang dengan penuh semangat di Asian Games.

Obor Asian Games pertama kali akan dikirab oleh M. Ridwan, atlet kenamaan Sulawesi. Ia merupakan atlet triathlon kebanggaan Indonesia.

Tidak hanya dari kalangan pemerintah, Daniel Mananta, selaku artis pembawa obor juga mengutarakan, ini merupakan bucket list-nya untuk dapat menjadi bagian dari Asian Games, hal ini juga menjadi pengalaman yang tidak dapat dideskripsikan. “It was amazing!” pungkasnya.

Acara puncak kirab obor Asian Games 2018 di Makassar ini diakhiri di rumah jabatan Gubernur, sebelum akhirnya akan melanjutkan perjalanannya ke Banjarmasin. Estafet obor yang diakhiri oleh PJ. Gubernur Sumarsono ini disaksikan oleh masyarakat yang memenuhi pekarangan rumah gubernur. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.