Astaga! Dosen di Lampung Diduga Kirim Opini Jiplakan ke Koran Madura

Avatar of PortalMadura.Com
Astaga! Dosen di Lampung Diduga Kirim Opini Jiplakan ke Koran Madura
screenshot

PortalMadura.Com, – “Oleh: Darmadi -Praktisi pendidikan, pemerhati masalah sosial, budaya, dan politik. Tinggal di Lampung Tengah“. Bagitulah diakhir tulisan di kolom opini koranmadura.com berjudul “Melawan Kastanisasi Pendidikan” dipublis 7 Mei 2015.

Tulisan tersebut ternyata sama persis dengan isi blog pribadi “Aristo Rahadi” yang diposting 2 Mei 2009 dengan judul “Hardiknas”.

Penelusuran PortalMadura.Com, tak satupun ada titik-koma maupun kalimat yang dirubah. Hanya tulisan Hari Pendidikan Nasional tahun 2009 dirubah menjadi tahun 2015. Sehingga, seakan-akan tulisan tersebut seperti baru dibuat pada tahun 2015.

Sebelumnya, nama Darmadi yang tertera sebagai penulis, diduga juga melakukan hal serupa terhadap tulisan M Mushthafa, pemilik blog rindupulang.blogspot.co.id.

M Mushthafa yang merupakan salah satu putra Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur ini merasa karyanya disalin-tempel dan dimuat media Musibanyuasin Post edisi 4 Juli 2014.

Diakhir tulisannya, tertera; Penulis Darmadi, Pegawai Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, Dosen STKIP Kumala Lampung, Kandidat Doktor Ilmu Manajemen. (baca: Dosen di Lampung Diduga Jiplak Tulisan M Mushthafa)

Persoalan jiplak menjiplak tersebut mendapat tanggapan serius dari Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. A'la, M.Ag.

Pria yang juga salah satu putra KH A. Basyir Abdullah Sajjad, Pengasuh Ponpes Annuqayah, Guluk-Guluk menyarankan agar melapor pada media yang menayangkan tulisannya yang dijiplak tersebut.

Cong Muhammad Mushthafa, tolong dilaporkan ke media yang memuat. Jangan sampai persoalan jiplak menjiplak dianggap sepele,” tulis Abd. A'la dalam kolom komentar facebook Muhammad Mushthafa, Selasa (21/06/2016).(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.