oleh

Inilah 6 Cara Hilangkan Sakit Hati Ala Rasulullah Yang Patut Anda Tiru

PortalMadura.Com – Setiap manusia tentu pernah merasakan sakit hati dalam hidupnya. Terkadang, perasaan marah terhadap seseorang biasanya diungkapkan dengan emosi yang meluap-luap. Namun ada juga yang berusaha memendamnya sendiri.

Jika perasaan ini dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk diri sendiri dan orang lain. Perasaan ini bisa membuat hubungan retak, perkelahian, bahkan bisa berakhir dengan pembunuhan. Banyak kasus kejahatan di lingkungan sekitar yang disebabkan karena sakit hati.

Membuang perasaan ini memang bukan perkara yang mudah. Untuk itu, Rasulullah memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut enam cara hilangkan sakit hati ala Rasulullah yang patut Anda tiru:

Muhasabah Diri
Muhasabah diri merupakan upaya introspeksi diri atas apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan pada masa yang akan datang. Ketika hendak menyalahkan seseorang, ada baiknya untuk terlebih dahulu melihat ke dalam dirinya sendiri apakah sudah melakukan hal terbaik atau malah sebaliknya.

Mungkin ada perasaan sakit hati kepada rekan saat berbincang, namun jangan langsung merasa sakit hati. Sebab belum tentu orang itu bermaksud untuk menyakiti hati dan perasaan kita. Lalu cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri mengapa rekan kita itu bersikap demikian, jangan-jangan sebelumnya kita telah melakukan kesalahan terhadapnya.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Hasyr:18).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.