Atasi dengan 4 Hal Ini, Agar Stres Tidak Mengganggu Pencernaan Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Atasi dengan 4 Hal Ini, Agar Stres Tidak Mengganggu Pencernaan Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda merasa mulas saat sedang bertugas untuk berbicara di hadapan umum? Nah, itulah salah satu contoh saat stres melanda kesehatan pencernaan Anda. Jika hal ini dibiarkan maka mampu menimbulkan serangkaian gangguan pencernaan lainnya. Stres adalah gangguan mental yang sering kali dihadapi orang akibat tekanan. Ketika Anda merasakan ancaman atau tantangan besar, hormon akan melonjak ke seluruh tubuh Anda.

Memang tidak semua stres itu tidak buruk, namun terlalu banyak stres juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat membahayakan mental dan fisik Anda. Ternyata stres juga berpengaruh pada kesehatan usus Anda loh. Pengaruh stres pada usus Anda tergantung pada lamanya waktu Anda mengalami stres. Stres jangka pendek dapat menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan dan pencernaan Anda melambat.

Salah satu kunci untuk pencernaan yang lebih baik adalah manajemen stres yang teratur. Mengurangi stres dapat menurunkan peradangan di usus, dan membuat Anda tetap bergizi, karena tubuh Anda dapat fokus untuk menyerap nutrisi yang Anda butuhkan.

Tapi jangan khawatir, atasi dengan 4 hal ini jika Anda menemukan tingkat stres yang mempengaruhi pencernaan Anda.

Berlatih yoga
Cara paling mudah jika Anda terkena masalah stres. Seperti yang banyak orang tahu bahwa yoga dapat meningkatkan dan mendukung pencernaan Anda, pastikan juga Anda mendapatkan aktivitas fisik yang cukup secara konsisten, seperti berjalan dan berlari.

Cobalah untuk meditasi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa latihan meditasi yang penuh kesadaran, dapat membantu menurunkan peradangan, penanda stres dalam tubuh. Pada gilirannya, ini dapat meringankan sistem pencernaan yang tertekan.

Caranya mudah, cobalah duduk tegak dan ambil 2-4 putaran pernapasan dalam. Tarik napas untuk 4 hitungan, tahan selama 4, dan buang napas selama 4 hitungan.

Konsumsi prebiotik dan probiotik
Prebiotik dan probiotik dapat mengubah susunan bakteri dalam mikrobioma usus dan menciptakan lingkungan yang ideal agar lebih banyak bakteri baik untuk berkembang dan mendukung pencernaan.

Hindari merokok
Jika Anda merasa tingkat stres meningkat, ada baiknya hindari merokok dari sekarang. Penyakit jantung dan pernapasan paling sering dikaitkan dengan merokok, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan buruk dapat memengaruhi sistem pencernaan Anda juga.

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena tukak lambung, dan kanker terkait. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk membuat rencana dan konsultasikan dengan dokter Anda atau praktisi kesehatan untuk membantu Anda mengurangi atau berhenti merokok sepenuhnya.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.