Atasi Kekeringan, Bendungan Air akan Dibangun di Dua Desa

Bendungan air
Ilustrasi (dindapranata)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur berencana untuk membangun dua bendungan di daerahnya. Dua desa tersebut adalah Desa Sana Laok Kecamatan Waru dan Desa Murtajih Kecamatan Pademawu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pamekasan, Cahya Wibawa melalui Kasi Air Baku, Mudaffar mengungkapkan, pembangunan bendungan atau dam tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan saat terjadi kemarau panjang.

“Supaya air tidak terbuang sia-sia, sehingga nanti ketika musim kemarau airnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan,” katanya, Kamis (6/8/2020).

Anggaran untuk pembangunan dam itu sebesar Rp 500 juta. Adapun dua lokasi yang dipilih berdasarkan studi kelayakan yang telah dilalukan. Termasuk keberadaan sumber daya alam (SDA) yang ada.

“Saat ini masih proses administrasi, sehingga belum bisa direalisasikan,” tambah dia.

Berdasarkan hasil kajian, keberadaan dua bendungan tersebut bisa mengurai kekeringan atau kekurangan air bersih saat musim kemarau. Ikhtiar itu diharapkan bisa terealisasi dengan baik supaya bisa menjadi solusi musibah yang dihadapi masyarakat setiap tahun.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.