oleh

Awas! Ini Akibat Salah Pilih Pembalut

PortalMadura.Com – Salah satu problema yang dilalui perempuan setiap bulannya adalah menstruasi. Menstruasi terjadi bila tidak ada pembuahan di sel telur. Pada umumnya siklus menstruasi pada setiap perempuan berbeda-beda.

Selama menstruasi, benda yang selau bisa diandalkan kaum hawa ini adalah pembalut. Pembalut berfungsi menampung darah kotor yang keluar. Sebagian besar perempuan memilih bantalan ini karena nyaman dikenakan dan mudah didapat. Meski begitu, penggunaan pembalut selama menstruasi tetap harus memerhatikan faktor kesehatan.

Tidak hanya sekadar kebersihan area genital saja yang Anda perhatikan, tetapi pemilihan merek pembalut juga menjadi hal penting. Perlu Anda ketahui bahwa, beberapa pembalut bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan perempuan, karena mengandung bahan kimia.

Berikut adalah bahaya yang patut Anda waspadai bila salah memilih pembalut.

Kanker
Penggunaan pembalut dalam jangka waktu lama memang bisa berdampak serius. Salah satunya meningkatkan risiko kanker. Hal tersebut lantaran sejumlah merek pembalut mengandung BPA dan zat kimia lainnya yang berbahaya. Seiring berjalannya waktu, za-zat tersebut dapat memasuki tubuh sehingga mengganggu sistem reproduksi dan pada gilirannya menyebabkan kanker.

Loading...

Gangguan Organ Internal
Pembalut terdiri dari dua jenis yaitu gel dan kapas. Kebanyakan perempuan memilih yang terbuat dari kapas karena menganggapnya aman. Tapi ternyata tidak demikian adanya. Pembalut yang terbuat dari kapas malah lebih berbahaya bila dibandingkan gel.

Alasannya, karena tanaman mengandung pestisida dan herbisida. Bila kandungan ini memasuki aliran darah maka dapat mengganggu organ-organ internal di tubuh.

Infertilitas dan Cacat Lahir
Beberapa merek pembalut terkadang menambahkan deodoran dan wewangian. Tujuannya adalah untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap dari darah menstruasi seperti bau amis. Penambahan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesuburan seorang perempuan.

Zat-zat yang terkandung dalam deodoran dan wewangian pada gilirannya dapat menyebabkan infertilitas atau bahkan mengganggu perkembangan embrio sehingga mengakibatkan bayi terlahir cacat.

Seram bukan? Karena itu Ladies, harus hati-hati dalam memilih pembalut demi menjaga kesehatan Anda. Semoga Bermanfaat. (okezone.com/Nanik)


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE