oleh

Ayah, Lakukan 7 Hal Ini Pada Anak Perempuan Anda

PortalMadura.Com – Peranan orang tua tidak hanya melekat pada seorang ibu saja. Tapi, ayahpun juga sangat penting bagi kehidupan si kecil khusunya untuk anak perempuan. Seorang ayah tidak hanya diharapkan bisa memberikan rasa aman, tapi ia juga dapat membimbing anaknya agar dapat melalui tantangan kehidupan.

Perlu diketahui, mendidik putri mungil Anda berbeda dengan cara mendidik anak laki-laki. Dibutuhkan kelembutan di dalamnya, karena anak perempuan memiliki karakter yang cenderung lemah lembut. Oleh sebab itu, seorang ayah sebaiknya mendidik putrinya dengan cara yang benar sehingga hasil didikannya itu menjadikannya pribadi yang baik dan menyenangkan.

Berikut ini beberapa hal yang harus di lakukan seorang ayah untuk anak perempuannya:

Pujian
“Kamu cantik,” atau “Kamu pandai ..”. Pujian semacam ini mungkin terdengar klise untuk Anda, tapi itulah yang dibutuhkan anak perempuan Anda. Ia memerlukan sesuatu yang bisa membuatnya bangga pada diri sendiri.

Anda khawatir ia akan tumbuh jadi remaja putri pemberontak?. Pujilah ia sesering mungkin. Seorang anak dapat menjadi pemberontak karena Anda tidak mau mengakui kemampuannya, dan karena Anda tidak pernah memujinya.

Loading...

Percayalah Padanya
Lingkungan sekitar Anda semakin berbahaya untuk anak perempuan. Nyalakan saja TV dan Anda akan dihantui kecemasan, bagaimana seandainya ia terjerumus dalam pergaulan bebas?.

Rasa tidak percaya orang tua pada anak (terutama remaja) memang beralasan. Curiga dan penyelidikan pada semua hal yang dilakukan anak memang perlu.

Terpikirkah dalam benak Anda, bagaimana seandainya anak perempuan Anda adalah anak yang jujur dan lurus-lurus saja?. Katakanlah Anda percaya padanya. Anda percaya ia bisa memakai baju sendiri, dan lihat apakah ia bisa melakukannya.

Kembangkan Rasa Percaya Dirinya
Di sela-sela kesibukan Anda, sediakanlah sedikit waktu untuknya. Hadirlah saat ia tampil di pentas tari pertamanya, atau tampil bersama tim marching band TK-nya. Berdirilah paling depan agar ia bisa melihat Anda.

Ia akan merasa bahagia, karena Anda hadir disaat yang penting untuknya. Rasa bahagia itu di kemudian hari akan menjelma menjadi rasa percaya diri. Sedangkan rasa percaya diri dibutuhkan setiap anak perempuan untuk mengembangkan potensinya. Menumbuhkan rasa percaya diri anak akan lebih mudah, jika anak tahu Anda percaya kepadanya.

Nasihat




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar