PortalMadura.com

Babinsa Dampingi Petani Panen Padi di Kwanyar Bangkalan

  • Rabu, 29 Juni 2016 | 01:12
Babinsa Dampingi Petani Panen Padi di Kwanyar Bangkalan
Babinsa Dampingi Petani Panen Padi
Loading...

PortalMadura.Com, Bangkalan – Bintara Pembina Desa (Babinsa) mendampingi kelompok tani untuk melakukan panen padi perdana di Dusun Alang-alang, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (28/6/2016)

Danramil 05/Kwanyar Kapten Inf Mediyono mengatakan, pihaknya perintahkan Babinsa Serka M. Mawi dan Serda Tri Elok bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi kelompok tani untuk memanen padi, seluas 5 hektare.

“Turunnya Babinsa di sawah bersama PPL diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas panen padinya,” katanya.

Menurut dia, kegiatan panen padi tersebut merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian  babinsa dalam menyukseskan progam swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Komandan Kodim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Sunardi Istanto, mengatakan pihaknya bersama Dinas Pertanian Bangkalan bertekad memaksimalkan produktivitas dan areal tanam, bahkan beberapa waktu yang lalu Direktur Pembiayaan Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan sudah mengecek beberapa lahan yang belum pernah ditanami padi.

Baca Juga:  Berawal Dari Suara Desahan Wanita, Warga Gerebek 2 Pasangan Ustadz Pesta Seks

“Lahan yang belum pernah ditanami padi akan ditanami padi, bahkan sudah dilakukan kalkulasi termasuk kebutuhan sarana dan prasarananya,” katanya.

Sementara Ketua kelompok tani  Supardi menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen.

“Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa bersama PPL. Pada panen saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya.

Ia mengatakan panen sebelumnya per hektare menghasilkan sekitar 10 ton, kini diperkirakan bisa mencapai sekitar 10,5 ton per ha.(rls/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional