oleh

Bagaimana Menjaga Vagina Tetap Sehat?

Semua wanita pasti menginginkan vaginanya sehat dan tetap harum. Namun, tidak semua wanita mampu merawat dengan cara alami dan hasilnya memuaskan. Ada beberapa tips sederhana dan semua wanita pasti bisa melakukan asal ada kemauan.

a. Jangan gunakan sabun. Untuk membersihkan vagina jangan pernah menggunakan yang namanya sabun mandi. Bayangan kita, disaat mengalami bau tidak sedap ingin segera dibersihkan dengan sabun, padahal dampaknya tidak bagus.

Sebenarnya, vagina itu bisa tetap bersih dengan sendirinya, karena tubuh sudah memiliki sistem untuk itu. Selama menstruasi, cucilah vagina dengan air untuk menjaga kebersihannya dan hindari menggunakan sabun mandi.

b. Jauhkan semprotan dari vagina. Bayangan sebagian wanita, ingin vaginanya tetap harum, sehingga menggunakan parfum dengan cara disemprotkan. Padahal, berbahaya pada kesehatan vagina. Bisa iritasi dan membangunkan bakteri disekeliling vagina. Jangan harap akan sehat bila sudah ada bakterinya.

c. Jaga kebersihan selama menstruasi. Jangan menggunakan pembalut terlalu lama. Sering mengganti pembalut itu lebih baik. Kelembaban yang terjadi karena pembalut juga akan mendatangkan bakteri yang membuat vagina tidak sehat.

d. Gunakan celana katun. Sirkulasi udara juga penting bagi vagina. Maka, menggunakan celana dalam dari bahan katun lebih bagus. Karena dapat menyerap keringat. Pakaian dalam yang sifatnya cepat membuat lembab, juga akan menutupi sirkulasi udara. Dampaknya, kesehatan vagina akan terganggu.

e. Gunakan pakaian longgor. Pakaian longgar akan membantu kesehatan vagina. Jika menggunakan pakaian sangat ketat dapat menyebabkan infeksi jamur dan ruam. Jadi sangat penting untuk memakai pakaian longgar.

Loading...

f. Pangkas rambut kemaluan. Rambut kemaluan tidak perlu berlebih. Asal ada dikit, lebih baik menunjang kesehatan vagina. Maka, memotong rambut kemaluan dengan cara teratur akan terhindar dari kelembaban. Kalau sudah lembab, memberikan kemudahan bakteri berkembang biak serta menyebabkan infeksi.

g. Latihan kegel. Yang ini, tidak hanya menjaga kesehatan vagina, tetapi juga akan menambah kenikmatan saat berhubungan dengan lawan jenis. Makanya, perlu sekali lakukan olahraga kegel. Cara sederhana, saat buang air kecil, cobalah menghentikan jalan urin anda, dengan mengencangkan otot-otot selama beberapa detik, kemudian lepaskan kembali. Itulah latihan Kegel.

h. Minum banyak air. Nah… minum air putih tidak hanya berguna pada kesehatan tubuh, melainkan berdampak positif pada vagina. Sebab, air membantu membuang bakteri yang ada dalam urin, dan membantu meningkatkan kesehatan vagina.

i. Periksa perilaku vagina yang aneh. Jika terjadi sesuatu yang aneh dan tidak biasanya terjadi, lebih baik cepat konsultasi ke dokter. Misalnya, bau berlebih, gatal berlebih dan terjadi perbedaan warna.

j. Periksakan pap smear. Cara terbaik untuk mencegah kanker leher rahim adalah menggunakan tes pap smear. Setidaknya sekali setahun atau seperti yang disarankan oleh dokter. Penting lho ini… kesehatan vagina juga menjaga keharmunisan dalam rumah tangga.

Beberapa tips menjaga vagina tetap sehat dan harum ini diliris intisari-online.com. Yuk! jaga kesehatan vagina anda agar tetap harum dan keharmonisan keluarga anda terjaga dengan baik serta lebih menawan saat tampil dibanyak orang.(htn)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar