Bahaya! Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan Ini Saat Sahur

Avatar of PortalMadura.com
Bahaya! Jangan Panaskan Ulang 5 Makanan Ini Saat Sahur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasak makanan saat sahur memang tidak mudah. Selain rasa kantuk yang sangat berat, menyajikannya seperti menu buka puasa tentu akan susah. Butuh waktu dan tenaga yang cukup untuk mempersiapkannya.

Tidak heran, banyak orang yang memilih menghangatkan kembali masakan yang sebelumnya telah ada atau disimpan. Namun tahukah Anda, bahwa tidak semua makanan aman untuk dihangatkan lagi?.

Pasalnya, proses kimia saat menghangatkan kembali makanan dapat menyebabkan makanan berubah menjadi racun. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya tidak Anda hangatkan kembali:

Jamur
Sebaiknya segera konsumsi jamur setelah dimasak. Jika terlanjur memasak jamur dalam jumlah banyak, sebaiknya makan dalam keadaan dingin. Jamur yang dipanaskan kembali dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan.

Bayam
Sayur bayam jangan dipanaskan ulang. Bayam yang sudah dimasak sekali harus segera dikonsumsi. Alasannya adalah jika bayam dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah jadi nitrit dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik untuk tubuh.

Daging Ayam
Jika memang terpaksa memanaskan kembali daging ayam, sebaiknya panaskan dengan api kecil. Daging ayam yang dipanaskan kembali dapat merusak struktur proteinnya dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Brokoli
Mengonsumsi brokoli memang baik untuk kesehatan. Namun, brokoli mengandung nitrat yang jika dipanaskan kembali setelah memasaknya justru membahayakan kesehatan. Brokoli yang dipanaskan kembali dapat memicu kanker.

Telur
Memanaskan kembali telur rebus bisa membuatnya bersifat letal dan sangat berisiko buruk bagi kesehatan. Maka hindari untuk memanaskan kembali telur yang sudah Anda masak ya?.

Demikian 5 makanan yang sebaiknya tidak Anda panaskan ulang setelah masak. Jadi bijaklah dalam mengolah makanan sehingga cukup untuk sekali makan saja. Semoga informasi ini bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.