Bahayakah Makan Cabai Terlalu Banyak? Ini Faktanya

Avatar of PortalMadura.com
Bahayakah Makan Cabai Terlalu Banyak? Ini Faktanya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang di Indonesia menyukai makanan pedas. Bahkan ada sebagian yang mengatakan, tidak lengkap rasanya jika tidak ada makanan pedas saat makan.

Tapi apakah aman makan makanan terlalu pedas dan banyak ?. Pepper nutritionist Wendy Bazilian, DrPH, mengungkapkan bahwa rasa pedas pada cabai memang tidak sampai membahayakan jiwa atau kerusakan fisik pada esofagus dan lidah, tapi makanan sangat pedas bisa menyebabkan sakit perut dan rasa terbakar saat buang air besar.

Otak menerima sinyal ‘rasa sakit' yang dikirimkan perut sehingga menimbulkan rasa sakit perut, mual dan bahkan muntah. Terlalu banyak makan pedas juga dinilai berbahaya untuk dinding lambung. Perut bereaksi seakan kamu makan makanan beracun.

Efek negatif lainnya jika makan terlalu banyak makanan pedas adalah timbulnya mati rasa dan kesulitan bernapas.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa capsaicin dalam cabai membantu membuat Anda menahan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori tubuh. Bahkan, cabai yang pedas bisa membantu membersihkan sinus, pilek, mengurangi rasa sakit dan mengurangi pertumbuhan beberapa bakteri.

Jadi, ada sisi baik dan buruknya makan makanan pedas, namun jika berlebihan dan terus menerus, juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Yang paling penting adalah, ketahui batasan dan kemampuanmu dalam menahan rasa pedas dan makan makanan pedas secukupnya saja ya agar tetap bisa menikmati makanan tanpa menimbulkan efek samping kesehatan. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.