oleh

Bangkalan Bergolak, Koalisi Pemuda Tolak RUU Pilkada

PortalMadura.Com, Bangkalan – Puluhan massa yang mengatas namakan koalisi pemuda kawal RUU Pilkada. Menggelar aksi demo ke kantor DPRD Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (16/9/2014).

Dalam aksinya mereka menolak rencana DPR RI dan Pemerintah yang akan mengembalikan pemilihan Kepala Daerah Ke DPRD. Sebab hal itu mencederai demokrasi yang telah terbangun di negeri ini.

Koordinator aksi Syukur, menyatakan, rencana pengembalian Pilkada Ke DPRD adalah langka mundur. karena memilih pemimpin adalah hak konstitusional rakyat bukan keputusan segelintir orang.

“Apabila Pilkada diserahakn ke DPRD, maka akan merampas prinsip-prinsip kedaulatan rakyat,” ujarnya.

iklan hari santri

Kalaupun, alasan pemerintah dan DPR RI menelan anggaran yang besar, seharusnya bisa dilakukan penertiban dengan mekanisme jujur dan adil.

“Bukan serta merta, merubah tatanan yang telah berjalan dengan baik selama 10 tahun,” ungkanya.

Sementara itu, anggota DPRD Bangkalan, yang menemui pendemo menyatakan sangat mendukung aspirasi para demonstran, dengan menolak RUU Pilkada. Apalagi pemilihan tidak langsung akan melahirkan kapitalisme politik transaksional.

“Kami sangat mendukung aspirasi masyarakat dalam menjaga kedaulatan dan konstitusi,” paparnya.

Namun pembahasan RUU Pilkada merupakan kewenangan DPR pusat. Sehingga DPRD hanya akan menyampaikan rekomendasi dari para demostrans.(dit/nia)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.