oleh

Bangun TPA Sampah, Bangkalan Anggarkan Rp1,2 Miliar

PortalMadura.Com, Bangkalan – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur menganggarkan Rp1,2 miliar untuk pengadaan lahan (tanah) tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah tahun 2017.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan, Imam Syafii, mengatakan, pengadaan lahan dilakukan seiring dengan tingginya volume sampah.

“Faktornya, dengan perkembangan Bangkalan disektor wisata dan bertambahnya rumah makan. Itu salah satu pemicunya,” terangnya pada PortalMadura.Com, Jumat (2/6/2017).

Dikatakan, pengadaan tanah yang direncanakan di Desa Soket Dejeh, Kecamatan Tragah, merupakan kewenangan DLH provinsi. Pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk merealisasikan, meski sudah dianggarkan tahun ini.

“Tugas kami akan menyampaikan ke provinsi. Setelah itu, kegiatan pembebasan lahan sudah menjadi tanggung jawab sana (provinsi, red), bukan kita,” paparnya.

Secara teknis, TPA biasanya 8 tahun sekali harus dipindah. Namun, pemindahan tersebut, selama ini terkendala anggaran dan waktu, sehingga TPA yang dibangun sejak tahun 2006 itu, hingga saat ini masih tetap beroperasi meski sudah kelebihan kapasitas.

“Kalau menurut kajian teknis, TPA kita seharusnya sudah dipindah, karena TPA itu paling lama 8 tahun. Jadi, nanti kajian kami akan dikirim ke provinsi. Masalah tempatnya nanti tidak jauh dari tempat semula,” pungkasnya.(Hamid/Har)