Bank Indonesia Catat Inflasi Januari masih Terkendali

Avatar of PortalMadura.com
Bank Indonesia catat inflasi Januari masih terkendali
Ilustrasi (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Inflasi pada Januari masih stabil sampai minggu ketiga Januari.

() Perry Warjiyo mengungkapkan berdasarkan survei pemantauan harga, hingga minggu ketiga Januari ada inflasi sebesar 0,5 persen month to month dan 3 persen year on year.

“Sebagian besar komoditas itu inflasinya rendah dan terkendali. Pasokan bahan pangan tersedia, dan juga kita tidak melihat ada suatu kenaikan harga,” jelas Perry seusai salat Jumat di Jakarta.

Perry menyebut kenaikan harga terjadi pada komoditas bawang merah, daging ayam ras, tomat, sayur, dan emas perhiasan.

“Keseluruhan inflasi tetap rendah dan terkendali. Pantauan kami bahwa inflasi 2019 ini bisa di bawah titik tengah sasaran kita 3,5 persen,” lanjut dia.

Perry menambahkan BI tidak melihat ada tanda-tanda risiko inflasi dalam beberapa bulan ke depan karena beberapa faktor penekan harga seperti pangan sangat kecil karena ketersediaan pasokan aman.

“Koordinasi Pemerintah Pusat dan daerah serta BI berjalan baik untuk memastikan pasokan bahan makanan itu baik,” jelas Perry. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (18/1/2019).

Perry juga mengatakan risiko inflasi dari nilai tukar tidak terlihat karena depresiasi rupiah masih terjaga dan harga komoditas global yang turun sehingga tidak memengaruhi kenaikan harga barang impor. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.