Banyak Desa di Pamekasan Tak Daftarkan BPJS Perangkatnya

Avatar of PortalMadura.com
Daftar BPJS, Masyarakat Pamekasan Enggan ke Mall Pelayanan Public
dok. Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Eko D Kesdu (Foto: Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, banyak yang tidak mendaftarkan perangkatnya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik , Eko D Kesdu mengatakan, sejauh ini masih banyak desa yang belum patuh terhadap kewajiban mengikutsertakan perangkatnya sebagai peserta BPJS. Padahal, itu penting untuk menjamin kesehatan perangkat.

“Datanya saya tidak tahu pasti, tapi yang jelas ada desa yang sudah mendaftarkan ke sini (Kantor BPJS, red). Padahal, mendaftar itu tidak harus ke sini, tapi ada di kecamatan,” katanya, Rabu (29/5/2019).

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) agar mensosialisasikan kepada masing-masing desa terkait kewajiban perangkat sebagai peserta BPJS. Termasuk juga sosialisasi melalui media elektronik.

“Nanti kita ekspos beberapa desa yang pernah mendaftar ke kami supaya merangsang desa-desa yang lain. Yang pasti, dari 189 desa masih banyak yang belum mendaftar,” tandasnya.

Baca Juga : Ratusan Warga Kepulauan Masalembu Tertahan di Pelabuhan Kalianget Sumenep

Dia berharap, pemerintah desa dapat segera mendaftarkan perangkatnya sebagai peserta BPJS. Karena dalam aturan itu dijelaskan bahwa setiap warga Indonesia wajib ikut sebagai peserta BPJS.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.