Perhatikan 5 Bagian Ini Saat Motor Sering Terjemur Panas

Avatar of PortalMadura.com
Perhatikan 5 Bagian Ini Saat Motor Sering Terjemur Panas
Perhatikan 5 Bagian Ini Saat Motor Sering Terjemur Panas

PortalMadura.Com – Pemilik harus selalu merawat kendaraan bermotornya agar kondisinya tetap prima. Salah satunya yaitu tidak menjemur kendaraan dibawah terik matahari. Karena bisa merusak beberapa komponen motor.

Oleh karena itu, Anda harus tahu beberapa bagian motor yang bisa rusak jika sering di jemur dibawah terik matahari. Lantas bagian motor mana saja yang perlu perhatian ekstra saat motor sering terpapar cuaca panas?

Berikut penjelasannya:

Tekanan Ban
Suhu panas dapat menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang.

Ban
Berikan perhatian lebih pada kondisi ban. Ban motor yang terkena suhu panas terus menerus dapat mempercepat penurunan kualitas, seperti tekstur pecah-pecah atau getas.

Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian ban dengan yang baru apabila tekstur sudah terlihat retakan untuk mendapatkan kenyaman saat berkendara.

Rantai Motor
Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai mengering dengan lebih cepat, sehingga kerja rantai tidak halus.

Baca Juga: Menang Atas Borneo FC, Makin Kokoh di Puncak Klasemen

 Bearing Roda
Saat kondisi panas berkepanjangan, pemilik kendaraan juga perlu memeriksa kondisi bearing roda atau yang sering disebut dengan klaher.

Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut.

Ciri-ciri hal tersebut yakni, roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi. Salah satu solusinya adalah mengganti seal pada bearing apabila sudah terlihat getas, serta menambah pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

Bodi
Motor sering terpapar sinar matahari dalam terus menerus dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor. Untuk menjaga bodi motor, cucilah kendaraan secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.