oleh

Batu Besar Berwarna Hitam Ini Diprediksi ‘Batu Mulia’

PortalMadura.Com, Sumenep – Sejumlah batu besar berwarna hitam pekat di bukit Dusun Parebbe’en, Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura, Jawa Timur diprediksi berkualitas ‘Batu Mulia’

Masrawi (40), salah seorang warga setempat yang selama ini merawat bukit tersebut mengungkapkan, semua batu yang berukuran lebih kecil disekitar batu hitam besar itu kualitasnya bagus dan sudah banyak dibuat akik.

“Batu yang ukurannya jauh lebih besar, kualitas batunya tentu lebih bagus. Bisa bernilai miliaran kalau semuanya dijadikan batu akik,” katanya, Senin (23/2/2015). (baca : Bukit Akik)

Motif dan serat batu tersebut terlihat cukup jelas. Ada yang hitam pekat, ada yang berwarna madu. Bahkan, ada yang warnanya hijau lumut. “Batu-batu itu mempunyai keistimewaan tersendiri, baik dari warna maupun seratnya,” terangnya.

Sejak dua pekan terakhir, warga sekitar bukit tersebut berbondong-bondong memecah batu dikaki bukit tersebut. Hasilnya, hampir semua batu berkualitas bagus. “Warga sudah banyak yang mempunyai batu akik dari batu-batu disini,” ucapnya. (baca : Ini Foto Bukit Batu Akik)

Saat ini, bukit tersebut telah diberi pagar dan larangan untuk melakukan penambangan.(Hartono)


Tirto.ID
Loading...

Komentar