oleh

Bawa 9 orang, Pesawat Dimonim Air Hilang di Oksibil Papua

PortalMadura.Com, Jakarta – Pesawat milik operator Dimonim Air (Marta Buana Abadi) dilaporkan hilang kontak pada pukul 05.50 WIT di wilayah Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua.

Pesawat tersebut tercatat mengangkut sembilan orang, dan dipiloti oleh Kapten Leslie Sevuve serta FO Wayan Sugiarta.

Berdasarkan informasi yang diterima Anadolu Agency, pesawat yang hilang tersebut teregistrasi dengan nomor ekor PK-HVQ dan bertipe Pilatus PC-6 PORTER.dilaporkan Anadolu Agency, Sabtu (11/8/2018).

Pesawat yang dilaporkan sedang terbang dengan navigasi VFR (Visual Flight Rules) itu membawa tujuh orang penumpang.

Pada laporan awal, pesawat PK-HVQ tercatat melakukan first contact dengan Tower Oksibil pada Pukul 05.11 UTC, dengan personel ATC memberikan informasi cuaca dan runway in use.

Kemudian pukul 05.17 UTC pesawat PK-HVQ melaporkan posisi overhead ketinggian 7000 feet dan meminta untuk joining long final Runway 11.

Setelah posisi overhead tersebut Tower Oksibil mencoba melakukan komunikasi dengan pesawat PK-HVQ namun tidak berhasil.

Personel Tower Oksibil juga tidak dapat melakukan komunikasi keluar area Oksibil dengan menggunakan HP karena kondisi signal.

Tower Oksibil baru dapat berkomunikasi dengan Unit ARO Sentani pada Pukul 06.10 UTC, dan kode ALERFA (fase mengkhawatirkan) langsung dikirim.

Upaya pencarian informasi pesawat PK-HVQ lebih lanjut dilakukan ke Tower Tanah Merah, Dekai, Sentani dan Wamena sampai dengan pukul 06.35 UTC namun tidak berhasil mendapatkan informasi keberadaan pesawat.

Pada Pukul 06.46 UTC dikirimkan berita DETRESFA atau fase memerlukan bantuan dan koordinasi lebih lanjut dilakukan dengan perwakilan KNKT di Sentani dan Kantor SAR. (AA)

Loading...