Bedug Asyiiik Bangun Kebersamaan di Pulau Garam Madura

Avatar of PortalMadura.Com
Ria Sutrisno
Ria Sutrisno

PortalMadura.Com, Sumenep – Beragam kombinasi dan pukulan riuh terdengar di Lapangan Kapedi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (25/8/2014), dalam acara ‘'.

Brand Manager Sampoerna Kretek, Ria Sutrisno mengungkapkan, dipilihnya Madura, khususnya di Kabupaten Sumenep menjadi lokasi acara ‘Bedug Asyiiik 2014' karena terdapat keunikan tersendiri dalam kesenian atau tradisi bedug.

“Di Sumenep, Bedug digabungkan dengan beberapa alat musik lainnya. Sehingga, sangat terlihat adanya kebersamaan dan unik sekali. Dengan bedug akan mampu menumbuhkan kebersamaan,” kata Ria sapaan akrab Ria Sutrisno saat jumpa pers di lokasi acara.

Diakui, acara Bedug sempat fakum selama 6 tahun. Dulu, kegiatannya disebut Parade Bedug yakni rangkaian kegiatan kompetisi seni tabuh bedug yang menyajikan beragam irama dan cara menabuh dibeberapa daerah di Indonesia.

Tahun ini, kembali digelar di 14 kota di Pulau Jawa (Sukabumi, Tasikmalaya, Purwokerto, Kediri, Tuban, Garut, Bandung Cirebon, Semarang, tegal, Solo, Sumenep, Probolinggo, dan Jember) sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2014. Bedanya, sekarang dilakukan secara bersama-sama.

“Dengan acara ini, kami memang berharap agar tumbuh dan berkembang kreasi-kreasi baru dengan cara berkumpul atau bersama-sama dalam rangka menumbuhkembangkan kebersamaan,” tandasnya.

Dalam acara ‘Bedug Asyiiik 2014', terlihat lima orang pemuda dengan kostum hijau tampak saling memberi semanagt dengan seruan ‘asyik, asyik, asyik' yang meriah. Seolah tak mau kalah dengan ribuan penonton disekitar panggung. Mereka menikmati penampilan tersebut sambil bertepuk tangan bersama-sama. Itulah suasana kebersamaan yang asyik dalam acara ‘Bedug Asyiiik 2014'.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan kelompok musik papan atas, . (htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.