oleh

Bedug Asyiiik Bangun Kebersamaan di Pulau Garam Madura

PortalMadura.Com, Sumenep – Beragam kombinasi dan pukulan riuh terdengar di Lapangan Kapedi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (25/8/2014), dalam acara ‘Bedug Asyiiik 2014’.

Brand Manager Sampoerna Kretek, Ria Sutrisno mengungkapkan, dipilihnya Madura, khususnya di Kabupaten Sumenep menjadi lokasi acara ‘Bedug Asyiiik 2014’ karena terdapat keunikan tersendiri dalam kesenian atau tradisi bedug.

“Di Sumenep, Bedug digabungkan dengan beberapa alat musik lainnya. Sehingga, sangat terlihat adanya kebersamaan dan unik sekali. Dengan bedug akan mampu menumbuhkan kebersamaan,” kata Ria sapaan akrab Ria Sutrisno saat jumpa pers di lokasi acara.

Diakui, acara Bedug sempat fakum selama 6 tahun. Dulu, kegiatannya disebut Parade Bedug yakni rangkaian kegiatan kompetisi seni tabuh bedug yang menyajikan beragam irama dan cara menabuh dibeberapa daerah di Indonesia.

iklan hari santri

Tahun ini, kembali digelar di 14 kota di Pulau Jawa (Sukabumi, Tasikmalaya, Purwokerto, Kediri, Tuban, Garut, Bandung Cirebon, Semarang, tegal, Solo, Sumenep, Probolinggo, dan Jember) sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2014. Bedanya, sekarang dilakukan secara bersama-sama.

“Dengan acara ini, kami memang berharap agar tumbuh dan berkembang kreasi-kreasi baru dengan cara berkumpul atau bersama-sama dalam rangka menumbuhkembangkan kebersamaan,” tandasnya.

Dalam acara ‘Bedug Asyiiik 2014’, terlihat lima orang pemuda dengan kostum hijau tampak saling memberi semanagt dengan seruan ‘asyik, asyik, asyik’ yang meriah. Seolah tak mau kalah dengan ribuan penonton disekitar panggung. Mereka menikmati penampilan tersebut sambil bertepuk tangan bersama-sama. Itulah suasana kebersamaan yang asyik dalam acara ‘Bedug Asyiiik 2014’.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan kelompok musik papan atas, Armada Band. (htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.