oleh

Begini 5 Cara Mandikan Bayi yang Benar agar Tak Menangis

PortalMadura.Com – Bagi orang tua yang baru memiliki anak, memandikan bayi pasti menjadi hal yang membuatnya deg-degan. Mereka khawatir jika anaknya menangis atau rewel saat dimandikan atau takut salah salam melakukannya.

Walaupun demikian, memandikan bayi tetap perlu dilakukan agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Karena, ada sebagian bayi yang memang sering rewel saat mandi lantaran suhu air atau memang suasana hatinya.

Loading...

Nah, agar bayi tidak menangis, berikut beberapa cara memandikan yang bisa Anda coba:

Gunakan Sabun yang Lembut
Produk sabun dan sampo yang dipakai harus yang memang untuk bayi. Pilih yang teksturnya lembut dan aromanya wangi. Hindari produk yang memiliki busa yang perih di mata. Sebab sedikit saja ada produk yang bikin perih di mata, si kecil bisa langsung rewel dan sulit ditenangkan.

Gunakan Air Hangat
Air hangat suam-suam kuku adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan memandikan bayi. Kalau terlalu dingin, bayi bisa menggigil dan rewel. Air yang terlalu panas pun jelas bisa melukai kulit bayi. Selalu cek dulu suhu air dalam bak mandi sebelum menggunakannya untuk memandikan si kecil.

Baca Juga : Bunda, Ingin Bayi Anda Tak Rewel Saat Mandi? Ikuti Cara Ini

Buat Jadwal Rutin
Misal, jadwal mandi setiap pagi adalah pukul 07.30 maka disiplinlah mengikuti jadwal tersebut. Sehingga bayi bisa lebih mudah mengantisipasi rutinitasnya dengan lebih baik. Selain itu, bisa membantunya mendapatkan jadwal tidur yang lebih teratur.

Basuh Badan Bayi Pelan-pelan
Oles atau basuhkan air sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Kemudian keramasi rambutnya saat bayi sudah lebih tenang. Sebab bila langsung dimasukkan ke dalam bak mandi, si kecil bisa kaget dan menangis dengan perubahan suhu tubunya yang terlalu tiba-tiba.

Topang Kepalanya dengan Baik
Agar si kecil nyaman, dia harus dipastikan berada di tempat yang aman. Topang kepalanya dengan tangan Anda. Pastikan posisinya tidak gampang jatuh atau tergelincir. Saat bayi sudah merasa berada di tangan yang tepat dan aman, dia pun akan tenang dengan sendirinya.

Baca Juga : Bunda, Anda Takut Memandikan Si Kecil? Lakukan Cara Ini

Anda juga bisa sambil menyenandungkan lagu lembut untuk membuat bayi rileks saat dimandikan. Semoga cara di atas bisa membantu Anda dan menjaga si Kecil tetap nyaman dan tidak menangis saat dimandikan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com

Komentar