Begini 5 Cara Tepat Rawat Abaya Agar Tak Mudah Rusak

Avatar of PortalMadura.com
Begini 5 Cara Tepat Rawat Abaya Agar Tak Mudah Rusak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu model busana muslim yang menjadi tren saat Ramadan hingga untuk merayakan Lebaran adalah abaya. Busana muslim ini sama halnya dengan gamis atau kaftan, juga perlu perawatan khusus untuk menjaga kualitas dan warnanya.

Sebab, jika tidak diperhatikan cara merawat abaya yang benar bisa menjadi kusam bahkan rusak. Lantas, bagaimana cara merawat abaya agar kualitasnya tetap terjaga?.

Baca Juga

Berikut lima trik yang bisa dilakukan dalam merawat abaya:

Perhatikan Pencucian Melalui Label Busana
Hal pertama yang perlu diketahui adalah membaca instruksi pencucian yang terdapat pada label busana. Apakah harus dicuci menggunakan dry clean atau bisa mencucinya dengan tangan di rumah.

Melalui label busana juga akan diketahui material abaya yang Anda miliki. Misalnya, beberapa abaya ada yang terbuat dari material sintetik sehingga memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Bila abaya terbuat dari sutera dengan campuran material lainnya, maka cuci menggunakan dry clean.

Cuci dengan Tangan
Untuk jenis abaya sehari-hari yang terbuat dari crepe, cucilah dengan air dingin menggunakan deterjen yang super lembut. Sementara, jenis abaya yang berwarna, gunakan deterjen khusus untuk mencegah warnanya luntur.

Proses Pengeringan
Saat mengeringkan abaya, hindari menggunakan mesin pengering dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Mengeringkan abaya dengan mesin pengering dapat merusak material abaya dan membuat warnanya menjadi kusam.

Hindari menjemur abaya langsung di bawah sinar matahari lantaran dapat membuat warnanya berubah.

Proses Penyetrikaan
Berhati-hatilah saat menyetrika abaya. Gunakan setrika dalam suhu panas yang paling rendah dan pastikan menyeterika abaya hanya bagian dalam busananya saja.

Cara Menyimpan Abaya
Simpan abaya dengan rapi dalam lemari. Hindari menggantung abaya lantaran dapat merusak bagian bahu. (okezone.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.