Begini Cara Bijak Kenalkan Kopi pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Bijak Kenalkan Kopi pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan orang tua yang suka minum terkadang membuat si anak juga ikut menirunya. Jika meminumnya hanya sedikit saja, mungkin tidak jadi masalah. Tapi apabila berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatannya.

Menolak atau melarangnya minum biasanya akan menjadi pertanyaan si kecil. Anda pun harus mempersiapkan jawaban yang tepat untuk itu. Lantas, bagaimana cara yang bijak mengenalkan kopi ke anak?.

Perlu Anda tahu, dalam proses pengenalan itu ada hal-hal yang harus diperhaikan. Karena bisa berimbas buruk, baik soal kesehatan karena minum kopi berlebih atau anak yang malah jadi enggan minum kopi.

Pemerhati gaya hidup dan makanan, Kevindra Soemantri, mengingatkan agar tidak langsung memberikan si kecil kopi. Untuk mengenalkan rasa, disarankan dimulai dari sesuatu yang familiar. Contohnya, untuk mengenalkan rasa pedas ke anak, bisa mulai dari saus tomat, saus sambal hingga sambal.

“Sedangkan untuk kopi, bisa dimulai dari kue-kue beraroma kopi, misal cup cake aroma atau rasa kopi. Bisa juga es krim mocca yang dicampur cokelat,” kata Kevin.

Menurut Kevin, bila pengenalan rasa dan aroma sudah dilakukan, maka perlahan akan berkembang. “Baru nanti pelan-pelan dia kenal kopi,” katanya.

Nah, berapa takaran kafein untuk anak?. Menurut dr Annisa Maloveny, SpPD, mengatakan untuk anak berusia 10-12 tahun sekitar 85 miligram kafein, usia 7-9 tahun 62,5 miligram kafein, usia 4-6 tahun sekitar 45 miligram.

Sebagai catatan, dalam satu cangkir kopi, kira-kira terdapat 95 miligram kafein. Itu berarti satu cangkir kopi saja sudah melebihi kadar kafein yang boleh dikonsumsi anak dalam sehari, sehingga pemberian untuk anak harus diatur.

“Untuk manfaat (kopi) secara umum sama (seperti orang dewasa),” kata Annisa yang mengatakan salah satu fungsi kopi sebagai stimulan kinerja otak.

Jadi, Anda sebagai orang tua tidak boleh asal atau sembarangan memberikan kopi pada anak. Di samping Anda memberikan minuman yang ia minta, Anda juga bisa mengajarkan tentang manfaat dan tidak baiknya kopi pada kesehatan. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.