Begini Cara Jitu Padukan Perhiasan dengan Kain Tenun untuk Menunjang Penampilan

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Jitu Padukan Perhiasan dengan Kain Tenun untuk Menunjang Penampilan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era fashion yang semakin berkembang seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang kian gemar memakai kain daerah. Seperti untuk menghadiri acara formal atau pernikahan. Nah, salah satu kain daerah yang kerap menjadi pilihan adalah kain tenun.

Sayangnya, motif kain tenun seringkali membuat penggunanya ragu jika ingin mempercantik penampilannya dengan perhiasan. Sebab, jika tidak cermat, perhiasan yang digunakan tidak akan menonjol, karena tertutup ramainya motif tenun, atau sebaliknya.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung soal ini, mungkin Anda bisa mengikuti cara dari desainer sekaligus Founder Ikat Indonesia, Didiet Maulana. Menurut Didiet, baik perhiasan maupun kain tenun yang digunakan harus saling menunjang. Jangan sampai ada salah satunya yang lebih menonjol.

“Kalau tenunnya sudah ramai, aksesorisnya tidak perlu yang terlalu heavy, cukup yang ada blink-nya saja” ungkapnya.

Mengenai jenis perhiasannya, tergantung pada selera masing-masing. Pastikan, perhiasan yang dipilih cocok untuk tampilan tradisional. Tidak perlu terpaku dengan perhiasan seperti kalung atau gelang, Anda juga bisa menjadikan perhiasan berbentuk bros untuk menunjang penampilan.

“Bros juga sebenarnya unik karena baju yang sangat simpel dikasih bros satu saja bisa menjadi tampilan yang elegan,” tuturnya.

Perhiasan juga tidak hanya bisa dipadukan dengan pakaian berwarna monokrom, melainkan bisa juga dengan busana atau tenun berwarna cerah.

Apalagi, tambah Didiet, saat ini sudah semakin banyak perhiasan berlian dengan warna (color diamond) yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap penampilan. Opsi lainnya adalah memadukan kain tenun dengan pakaian bergaya tradisional, seperti kebaya atau baju kurung.

Didiet mengaku senang karena dalam beberapa tahun terakhir, banyak pula perhiasan yang mengadaptasi tampilan perhiasan antik Nusantara. “Seperti mengadopsi bentuk tradisional Indonesia. Ini sangat membantu karena bisa semakin melengkapi nuansa tradisional dari sebuah tampilan” pungkasnya. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.