Begini Cara Mendisiplinkan Si Kecil Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Begini Cara Mendisiplinkan Si Kecil Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mendidik disiplin sangatlah penting untuk dilakukan oleh para orang tua. Dengan mendidiknya disiplin, hal itu berarti mempersiapkannya untuk terjun ke dunia luas yang cukup keras. Karena sikap disiplin merupakan faktor kunci banyak orang sukses dalam berbagai profesi. Dengan disiplin orang akan lebih fokus dalam mencapai kesuksesan yang diimpikannya.

Lantas bagaimaca cara membuat anak menjadi disiplin? Berikut beberapa tips mendidik anak agar disiplin.

Gunakan Pendekatan Persuasif
Cara anda membuat aturan akan menentukan cara anak menanggapi aturan tersebut. Lakukan pendekatan persuasif untuk membuat anak berdisiplin. Hal ini akan membuat anak melakukan disiplin berdasarkan ajakan, bukan karena paksaan.

Berikan Alasan
Jika anda menginginkan anak untuk disiplin, berikan alasan yang masuk akal. Hal ini membuat anak memahami secara positif manfaat dan tujuan disiplin dalam melakukan aktivitas tertentu. Pemahanan yang positif ini membuat anak memiliki kesadaran yang positif pula untuk menerapkannya.

Berikan Waktu Anak Beradaptasi
Jika anak sudah berusaha untuk mematuhi disiplin tetapi beberapa kali melanggar, hal ini menunjukkan bahwa anak sudah memiliki keinginan untuk berdisiplin. Anda harus memberikan waktu bagi anak untuk beradaptasi agar dapat berdisiplin secara lebih sempurna.

Jadilah Teladan
Berilah gambaran kepada anak mengenai perilaku disiplin yang telah anda terapkan. Hal ini akan membangkitkan pemahaman anak bahwa pada dasarnya setiap orang harus berusaha keras untuk disiplin.

Terima Masukan
Orangtua sebaiknya memahami kesulitan mungkin dialami anak untuk berdisiplin. Diskusikan dan terima masukan dari anak mengenai kesulitan yang dialami anak untuk berdisiplin dan mencari cara bijaksana untuk mengatasinya. Jika anak merasa susah untuk bangun pagi, tentu ia punya alasan.

Berikan Penghargaan
Jika anak sudah menunjukkan bahwa ia berusaha untuk berdisiplin, berilah penghargaan. Anak akan merasa senang dan termotivasi untuk tetap berdisiplin jika upayanya mendapat penghargaan.

Jadilah Bagian dari Tim
Buatlah disiplin sebagai tujuan bersama yang harus dilakukan bersama. Tunjukkan bahwa anda juga berupaya untuk membantu anak untuk berdisiplin. Jika anda ingin anak bangun pagi, anda dapat membantu dengan membangunkan anak sesuai dengan jadwal yang disepakati.

Berikan Toleransi yang Wajar
Disiplin tidak harus kaku. Berikan batasan toleransi secara wajar. Contohnya saat memberi uang jajan, beri batasan jenis jajanan yang tidak boleh dibeli anak. Jangan memaksakan bahwa anak harus jajan roti dengan merk tertentu.

Kreatif
Masing-masing anak anda mungkin memiliki karakter yang berbeda. Pendekatan dalam mendidik anak untuk disiplin mungkin memerlukan kreativitas sesuai karakter dan usia anak. Untuk mengajak anak balita membiasakan mencuci tangan sebelum makan anda harus menemani anak untuk cuci tangan setiap kali akan makan, sedangkan untuk anak usia sekolah anda hanya perlu mengingatkan jika anak lupa.

Konsisten
Disiplin memiliki makna konsisten. Pendidikan disiplin tidak hanya membutuhkan konsistensi pelaku tetapi juga pengawas dan pembuat aturan. Anda harus konsisten dalam memberikan teladan, pengawasan, penilaian, penghargaaan, dan pembinaan secara terus-menerus sampai anak memiliki kemandirian. (olvista.com//choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.