Begini Cara Mudah Ubah Nomor Ponsel Anda di WhatsApp

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara Mudah Ubah Nomor Ponsel Anda di WhatsApp
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com sejauh ini dikenal sebagai aplikasi bertukar pesan yang bisa mengirim gambar, video, voice note, sampai dengan berbagi lokasi. Aplikasi berwana hijau dengan ikon telepon putih di dalamnya itu menjadi salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh seseorang di dunia.

Nah, apakah Anda salah satu orang yang sering menggunakan aplikasi WhatsApp dalam bertukar informasi?. Jika iya, ternyata saat ini ada fitur menarik yang bisa Anda coba gunakan. Salah satunya yaitu ubah nomor (change number).

Maksud dari fitur ini adalah, Anda bisa mengganti nomor telepon, dengan akun WhatsApp yang sama di smartphone. Fitur ini berguna sebelum Anda memverifikasi nomor yang baru dan juga akan menghapus akun lama Anda.

Dengan begini, kontak yang lama tidak akan terlihat lagi di WhatsApp teman-teman Anda. Jika menggunakan fitur ini, riwayat obrolan akan terus ada di WhatsApp selama masih menggunakan smartphone yang sama.

Tapi sebelum menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diingat dan akan memengaruhi beberapa hal. Misalnya memindahkan informasi akun Anda (termasuk data pribadi), grup, dan pengaturan dari nomor telepon lama Anda ke nomor yang baru.

Selain itu, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menyimpan nomor baru di smartphone. Hal ini dilakukan agar mudah saat menerima pesan yang masuk selama proses penggantian nomor ini berjalan.

Pastikan nomor telepon lama yang Anda punya sudah diverifikasi oleh WhatsApp. Anda dapat memastikannya dengan cara pergi ke aplikasi WhatsApp> Opsi lainnya> Pengaturan dan klik foto profil Anda.

Cara Pakai Fitur
Sebagai catatan, aplikasi WhatsApp ini tidak akan memberitahukan secara individu kepada kontak akan perubahan yang telah Anda lakukan. Aplikasi ini hanya akan memberitahukannya melalui grup yang Anda miliki.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda memberitahukan dahulu kepada teman-teman, jika Anda akan mengubah nomor WhatsApp.

Dilansir dari laman Liputan6.com melalui WhatsApp. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan fitur ubah nomor.

1. Masukan kartu SIM baru dengan nomor baru ke smartphone Anda. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp dan periksa apakah nomor telepon lama sudah diverifikasi atau belum. Jika sudah diverifikasi, lalu Anda klik Opsi lainnya> Pengaturan> Akun> Ubah Nomor.

2. Masukan nomor telepon lama Anda di kontak atas dan masukan nomor telepon baru di kontak bawah, dan klik Selanjutnya.

3. Jika Anda mengaktifkan Beritahu Kontak, Anda bisa memilih apakah ingin memberitahu Semua Kontak, Kontak Saya atau Custom.

4. Jika memilih Custom, Anda harus mencari dan memilih kontak yang ingin diberitahu, lalu klik Selesai. Pada saat yang sama, akan diminta untuk memverifikasikan nomor yang baru.

Baca Juga : Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Harus Simpan Nomor Kontak

Demikian beberapa cara untuk ubah nomor ponsel Anda di WhatsApp. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.