oleh

Begini Cara Simpan Ikan Teri Nasi agar Awet

PortalMadura.Com – Ikan teri nasi merupakan ikan jenis seafood yang lumayan banyak peminatnya. Biasanya, jenis ikan ini diolah menjadi berbagai macam masakan lezat dan menggugah selera. Misalnya, botok, rempeyek, campuran masakan tumis dan yang lainnya.

Ikan teri nasi sering kali dijumpai di pasar, harganya pun terbilang cukup murah. Bagi Anda yang menyukainya, Anda bisa menyimpannya dalam jumlah yang banyak dan disimpan untuk waktu yang lama.

Apalagi, disimpan dengan cara yang baik dan benar, ikan teri nasi akan tahan lama, awet kering dan rasanya juga tidak berubah. Tapi, tidak sedikit juga beberapa orang yang belum tahu cara menyimpannya sehingga ikan teri tersebut kusam.

Lantas, bagaimana menyimpannya?. Berikut caranya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (6/12/2019) dari laman Fimela.com:

Cara Menyimpan Ikan Teri Nasi

Pertama, saat membeli ikan teri nasi, pastikan bahwa diri Anda membeli ikan teri yang kualitasnya bagus. Anda juga disarankan untuk membeli ikan teri nasi yang sudah dikeringkan agar lebih awet saat disimpan.

Kemudian, keringkan kembali ikan teri nasi yang telah dibeli dengan cara dijemur atau dioven. Sebab, semakin kering ikan teri nasi, akan semakin awet dan tahan lama.

Loading...

Selanjutnya, tempatkan ikan teri nasi di wadah tertutup dan kedap udara. Simpan ikan teri nasi di suhu ruangan yang bersih dan kering. Jika ingin ikan teri nasi bertahan lebih lama lagi, simpan ikan teri nasi dalam wadah di lemari es. Pasalnya, menyimpan makanan di lemari es akan membuat makanan tersebut awet lebih lama.

Nah, agar kualitas ikan teri tetap baik, usahakan untuk menyimpan ikan teri jauh dari bahan makanan lain dengan aroma menyengat, lembab bahkan basah. Karena, beberapa jenis makanan tersebut akan memengaruhi kualitas ikan teri.

Baca Juga : Bumil, Konsumsi Ikan Teri dan Rasakan 5 Manfaatnya

Terakhir, ambil ikan teri secukupnya dari wadah saat tangan kering atau gunakan sendok kering. Mengambil ikan teri saat tangan basah atau kotor bisa membuat ikan teri tersebut mudah rusak.

Itulah cara menyimpan ikan teri nasi agar tahan lebih lama dan awet. Semoga tips menyimpan makanan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE