Begini Cara yang Benar Simpan Sayuran Agar Tetap Segar di Kulkas

Avatar of PortalMadura.com
Begini Cara yang Benar Simpan Sayuran Agar Tetap Segar di Kulkas
ilustrasi

PortalMadura.Com dan buah perlu dilakukan dengan tepat. Karena, cara Anda menyimpan akan menentukan kualitas makanan tersebut.

Apabila kualitas makanan itu buruk maka akan berpengaruh pada nutrisinya. Sedangkan kesehatan menjadi jaminannya. Nah, apabila Anda tetap ingin hidup sehat alangkah baiknya menyimpan buah dan sayur dengan benar.

Berikut tips menyimpan buah dan sayur agar dan tetap berkualitas:

Jaga Tingkat Kelembapan
Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tidak cepat membusuk. Ketika buah atau sayur di panen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Maka, jaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

Jangan Simpan di Suhu Ekstrem
Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tidak tahan lama sehingga cepat membusuk. Terlebih lagi, jika Anda menyimpan sayur atau buah di freezer, maka ia akan langsung rusak saat dicairkan. Tanda kerusakan tersebut seperti bercak kecokelatan pada apel dan lembek pada buah pir. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka bahan makanan tersebut akan lunak, berkerut dan kisut.

Pastikan Simpan dalam Keadaan Kering
Jika Anda ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum di masukan kulkas. Sayuran dan buah yang basah akan tidak tahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Namun, saran terbaik adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum masuk kulkas.

Simpan dengan Kertas
Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus kertas.

Pastikan Kulkas Bersih
Kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu di dalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

Ambil Sesuai Kebutuhan
Jika Anda menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tidak baik lagi dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda.

Simpan Sayur & Buah di Tempat Khusus
Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama disimpan di lemari es. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.