oleh

Begini Kronologi KM Anda Bocor di Sebelah Utara Pulau Kangean, 20 ABK Selamat

PortalMadura.Com, Sumenep – Kebocoran pada kamar mesin kapal motor (KM) Anda akibat cuaca buruk di wilayah perairan Pulau Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur sempat membuat heboh warga Sumenep.

Selain kondisi cuaca laut yang sangat buruk, juga sulitnya untuk mendapatkan informasi kepastian kabar tersebut. Laporan Polairud Kalianget, Polres Sumenep, Selasa (1/1/2019), 20 anak buah kapal (ABK) — termasuk nahkoda — dinyatakan selamat.

KM Anda berada di posisi koordinat 06° 03′ 04″ S/ 115° 34,5′ 00″ E atau sebelah utara Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim sekitar 43 mil laut dari pulau Kangean mengalami bocor pada bagian kamar mesin, pada Senin (31/12/2018) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapal tersebut berlayar dari Makassar tujuan Surabaya. Pada saat terjadi kebocoran beruntung ada kapal lain yang melintas, yakni KM Spil Haspri.

Loading...

“KM Spil Haspri itu menerima kontak dari KM Anda pada Channel 16 yang menginfokan bahwa telah terjadi kebocoran pada kamar mesin. Maka, nahkoda KM Spil Haspri merubah haluan dari 080° ke 060°. Jarak dari KM Spill Haspri ke lokasi KM Anda sekitar 14 mil laut,” terang Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Moh. Heri.

Sekitar pukul 10.20 WIB melakukan pertolongan. Tug bout (kapal tunda) KSA46 melakukan evakuasi anak buah kapal dan nahkodanya KM Anda ke Kapal KM Spil Hapsri.

“Evakuasi itu berhasil sehingga crew KM Anda dipindahkan ke KM Spil Hapsri. Semuanya 20 orang dan selamat,” terangnya.

Pihak KM Spil Hapsri melalui tug bout KSA46 memutuskan membawa kembali para ABK dan nahkoda KM Anda tersebut ke Pelabuhan Makassar.

Pihak Polres Sumenep melakukan koordinasi dengan Syahbandar Kalianget, Sumenep dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jatim untuk mengamankan KM Anda yang masih ada di lokasi kejadian.(Hartono)


Komentar