Begini Penggunaan Dana Bencana Rp40 Miliar di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Begini Penggunaan Dana Bencana Rp40 Miliar di Sumenep
dok Edy Rasyadi (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Alokasi dana penanggulangan bencana daerah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencapai Rp 40 miliar pada tahun 2021.

“Dana itu dianggarkan dari APBD tak terduga tahun 2021. Akan difungsikan pada dua jenis bencana,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi, Jumat (15/1/2021).

Ia menyebutkan, Rp 5 miliar untuk penanggulangan bencana alam seperti banjir, puting beliung dan lainnya. Sedangkan Rp 35 miliar untuk penanggulangan bencana non alam, seperti penanganan pandemi Covid-19.

“Apalagi penanganan Covid-19 ini dalam tahap penyelenggaraan vaksin,” katanya.

Dana tersebut belum direalisasikan kepada OPD terkait. Sebab, masih perlu dilakukan pengajuan oleh OPD kepada Bupati dan akan di-review terlebih dahulu oleh pihak inspektorat.

“Jadi, bila disepakati, baru dicairkan,” terangnya.

Penanganan Covid-19, bukan hanya dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan rumah sakit, melainkan termasuk dinas lainnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar warga Sumenep mematuhi dan memerhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yakni mengenakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan kurangi mobilitas.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.