oleh

Begini Penggunaan Dana Bencana Rp40 Miliar di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Alokasi dana penanggulangan bencana daerah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencapai Rp 40 miliar pada tahun 2021.

“Dana itu dianggarkan dari APBD tak terduga tahun 2021. Akan difungsikan pada dua jenis bencana,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasyadi, Jumat (15/1/2021).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Ia menyebutkan, Rp 5 miliar untuk penanggulangan bencana alam seperti banjir, puting beliung dan lainnya. Sedangkan Rp 35 miliar untuk penanggulangan bencana non alam, seperti penanganan pandemi Covid-19.

“Apalagi penanganan Covid-19 ini dalam tahap penyelenggaraan vaksin,” katanya.

Dana tersebut belum direalisasikan kepada OPD terkait. Sebab, masih perlu dilakukan pengajuan oleh OPD kepada Bupati dan akan di-review terlebih dahulu oleh pihak inspektorat.

“Jadi, bila disepakati, baru dicairkan,” terangnya.

Penanganan Covid-19, bukan hanya dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan rumah sakit, melainkan termasuk dinas lainnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar warga Sumenep mematuhi dan memerhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yakni mengenakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan kurangi mobilitas.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar