PortalMadura.com

Begini Tips Agar Kunci Kontak Tak Mudah Longgar

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 15:00
Begini Tips Agar Kunci Kontak Tak Mudah Longgar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kunci kontak motor atau mobil merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan. Tanpa adanya kunci tersebut, motor atau mobil tidak akan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi seiring usia pemakaian, ada saja masalah yang kerap terjadi pada bagian kunci. Mulai dari kunci yang macet, susah dioprasikan bahkan sampai menjadi dol atau longgar.

Kunci kontak dol dapat terlihat pada saat kunci kontak diputar pada posisi ‘ON’, tapi kunci masih bisa dicabut atau ditarik. Padahal apabila kunci kontak masih dalam fungsi yang bagus, seharusnya kunci kontak tidak akan bisa ditarik saat kunci kontak pada posisi ON.

Lantas, adakah tips agar kunci kontak motor tidak cepat longgar atau dol?. Cara pertama yakni kerap merawat kunci kontak dengan melumasi dengan oli atau pelumas. Bisa juga dilakukan dengan menyemprotkan WD-40.

Baca Juga:  Kenali Tanda Busi Motor Anda Perlu Diganti
Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Tetapi perlu diingat, usahakan jangan menggunakan oli bekas, karena mengandung gram yang dapat membuat kunci motor jadi bertambah lapang dan mengakibatkan kunci kotor juga. Lalu, usahakan juga tidak ada air yang mengendap di dalam rumah kunci kontak, terutama setelah mencuci motor.

Selanjutnya, jangan bebani kunci dengan gantungan atau mainan yang berat. Usahakan masuk atau keluarkan kunci dengan tidak memaksakan jika keras.

Selain itu, hindari benda asing masuk ke dalam rumah kunci kontak, misalnya patahan benda. Namun apabila kunci sudah terlanjur longgar atau dol, kaitkan kunci dengan tali agar tidak terjatuh saat berkendara. Lebih baik segera menggantinya jika mengalami kondisi demikian. Semoga bermanfaat. (viva.co.id/Putri)

Baca Juga:  Tahun 2018, Honda EV-Cub Siap Dipasarkan Secara Global
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional