Beginilah Cara Tepat Panaskan Sepeda Motor

Avatar of PortalMadura.Com
Beginilah Cara Tepat Panaskan Sepeda Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, ketika akan memulai perjalanan, pemilik biasanya memanaskan tunggangannya di pagi hari sebelum beraktivitas. Tujuannya untuk membantu pelumasan pada piston.

Bahkan, sepeda motor dibiarkan menyala dalam waktu yang lama. Misalnya, pemilik sambil bersiap2 menggunakan sepatu atau pun hal lainnya. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata tidak tepat. Memanaskan motor dalam waktu tertentu dan didiamkan adalah hal yang mubazir.

“Itu mubazir. Soalnya, kalau hanya dipanaskan (stationer), aliran oli tidak maksimal melumasi bagian-bagian mesin yang berada di posisi atas berapa pun waktu pemanasannya,” ujar Sevice Advisor Mitra Jaya Depok, dealer resmi Honda, Izas Ismail.

Izas mengatakan cara yang tepat agar oli terdistribusi secara menyeluruh adalah dengan cara membetot gas. “Jadi saat mesin dinyalakan, itu digas saja sampai rpm 3.000. Selain itu, nyalakan juga lampu jauh karena saat itu mesin bekerja maksimal,” ujarnya.

Jika diyakini selama ini memanaskan mesin perlu waktu 5 hingga 10 menit, maka dengan cara ini tidak perlu waktu lama. “Jadi poinnya bukan dipanaskan atau tidak, tapi digas apa tidak. Satu menit sudah cukup,” ujarnya.

Namun, hal ini berbeda dengan sepeda motor injeksi. Memanaskan sepeda motor injeksi tidak perlu membetot gas, karena sepeda motor injeksi sudah jauh lebih pandai ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tidak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.

”Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia,” ungkap Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edi. (liputan6.com/otomania.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.