Belerang Bisa Sembuhkan Jerawat, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Belerang Bisa Sembuhkan Jerawat, Benarkah
Ilustrasi (Dokter Sehat)

PortalMadura.Com merupakan mineral yang biasa disebut dengan sulfur. Meskipun dikenal dengan baunya yang tidak enak, belerang mempunyai banyak manfaat terutama untuk kulit.

Tidak heran, jika sebagian dari Anda mungkin sering menemukan produk kecantikan yang mengandung belerang. Bahkan dari saking ampuhnya, belerang diyakini bisa menyembuhkan jerawat. Benarkah itu?.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini:

untuk Menyembuhkan Jerawat
Kandungan yang ada pada belerang ternyata mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat. Nah, tetapi efek belerang menghasilkan kulit yang lebih lembut ketimbang kedua zat tadi. Sulfur atau belerang bisa mencegah adanya produksi minyak berlebih pada kulit Anda.

Oleh karena itu, manfaat belerang sangat dipercaya bisa mengobati jerawat serta membantu menyumbat pori-pori Anda, sehingga mencegah timbulnya jerawat baru.

Jenis Jerawat yang Bisa Diobati dengan Belerang
Manfaat belerang akan sangat berhasil pada jerawat yang timbul akibat penumpukan sel-sel mati dan minyak yang berlebih. Oleh karena itu, belerang cocok untuk jerawat ringan dan bisa mengangkat komedo.

Pertama-tama, ketahui dahulu jerawat Anda termasuk tipe apa. Hal tersebut dikarenakan kemungkinan mengobati jerawat dengan belerang tidak berhasil kepada semua orang.

1. Jerawat Ringan dan Komedo
Komedo biasanya muncul akibat kombinasi sel kulit mati dan produksi minyak berlebih, sehingga menyumbat pori-pori. Nah, mengatasi jerawat dengan belerang adalah pilihan yang tepat karena dirancang untuk membasmi kedua masalah tersebut.

2. Papula dan Pustula
Kedua jenis jerawat sedang ini diakibatkan oleh komedo yang meradang dan ukuran jerawat pun menjadi lebih besar. Jika Anda menggunakan manfaat belerang untuk mengobati jenis jerawat ini, mungkin harus dipertimbangkan ulang. Menurut sebuah penelitian, sulfur memang bisa mengobati papula dan pustula namun tidak terlalu efektif.

Efek Samping dan Risiko
Belerang sebenarnya memang cocok untuk kulit-kulit sensitif. Akan tetapi, setelah menggunakan belerang sebagai obat jerawat, biasanya kulit Anda menjadi lebih kering dan rentan terkena iritasi.

Apabila Anda baru memulai penggunaan belerang sebagai obat jerawat, dianjurkan untuk menggunakannya satu kali sehari. Akan tetapi, kalau Anda sudah terbiasa dengan belerang, memakainya dua sampai tiga kali pun tidak apa-apa.

Cara Menggunakan Belerang sebagai Obat Jerawat
Selain untuk obat jerawat, kandungan belerang biasanya juga terdapat pada pembersih dan pelembab wajah yang berjerawat. Dosis penggunaan belerang pun juga berperan penting dalam mengatasi jerawat. Misalnya, Anda mungkin harus mengolesi losion maksimal dua kali sehari. Nah, sebelum itu, periksa terlebih dahulu apakah kulit Anda sensitif terhadap belerang.

– Pilihlah area kulit selain muka, seperti lengan Anda.
– Oleskan produk ke daerah tersebut dan tunggu selama 24 jam.
– Apabila tidak ada efek samping setelah penggunaan, Anda bisa memakai belerang untuk mengatasi jerawat Anda. Akan tetapi, jika gejala-gejala seperti kulit kemerahan, rasa gatal, dan terdapat ruam, segera hentikan pemakaian.

Baca Juga : Diduga Tak Nyoblos Caleg Jagoannya, Warga Pamekasan Saling Bacok

Kesimpulannya, manfaat belerang memang baik untuk jerawat. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis jerawat bisa disembuhkan oleh zat sulfur ini. Oleh karena itu, jika Anda ragu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda agar mengetahui dengan pasti jenis kulit dan jerawat Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.