Benahi Alat Kesehatan Puskesmas, Telan Anggaran Rp 7,4 M

Avatar of PortalMadura.Com
dok. Kantor Dinas Kesehatan Sumenep
dok. Kantor Dinas Kesehatan Sumenep

PortalMadura.Com, – Pengadaan alat kesehatan (Alkes) untuk semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal menelan anggaran Rp 7,4 Miliar.

Anggaran tersebut berasal dari dana bagi hasil cukai tembakau, sebesar Rp 5 miliar, pajak rokok sebesar Rp 2 miliar, dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 400 juta. Rencananya, akan dibelikan alat laboratorium, penambahan tempat tidur pasien, tabung oksigen dan sejumlah peralatan medis lainnya.

“Semua alat kesehatan itu, akan diserahkan pada semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumenep, termasuk Puskesmas Kepulauan,” terang Fatoni, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Kamis (7/8/2014).

Alokasi anggaran tersebut diprediksi akan terealisasi, Desember 2014, karena anggarannya diambilkan dari dana Perubahan Anggran Keuangan (PAK) 2014. “Alat-alat kesehatan yang bakal diserahkan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing Puskesmas,” tandasnya.

Sementara, Anggota Komisi D DPRD Sumenep, Nur Asyur meminta masyarakat agar melakukan pengawasan dalam penggunaan anggaran tersebut, sehingga sesuai dengan yang diharapkan semua pihak, baik oleh pemerintah, maupun masyarakat yang akan menikmati manfaatnya. “Pengawasan itu perlu dilakukan bersama-sama,” tandasnya.(dien/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.