oleh

Benarkah Kalau Selingkuh Bisa Bikin Ketagihan, Mitos atau Fakta!

PortalMadura.Com – Kalau bisa diibaratkan, diselingkuhin itu salah satu hal paling menyakitkan. Sebab dalam selingkuh tak hanya berisi kebohongan. Tapi juga sebuah pengkhianatan atas janji yang pernah sama-sama dibuat.

Sudah tahu menyakitkan dan mematahkan kepercayaan seseorang, perselingkuhan justru kerap dilakukan tak hanya sekali. Orang yang pernah selingkuh pasti mengulanginya lagi. Anda mungkin pernah mendengar nasihat seperti itu, namun benarkah faktanya demikian? atau pernahkah juga mendengar pernyataan ini? Ada yang bilang jika selingkuh itu adalah suatu hal yang bikin ketagihan.

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Denver Amerika, orang yang pernah selingkuh pada hubungan pertamanya ternyata tiga kali lebih mungkin untuk mengulanginya lagi pada hubungan selanjutnya. Sementara itu, pada orang yang pernah diselingkuhi pasangannya pada hubungan pertamanya ternyata saat menjalin hubungan selanjutnya ia juga cenderung akan berselingkuh.

Mengapa selingkuh cenderung bikin orang ketagihan? Well, ini karena saat berselingkuh ada hormon dopamin yang diproduksi dalam otak. Saat selingkuh biasanya orang akan merasakan bahagia dan nyaman. Inilah saat hormon dopamin yang menyebabkan sifat kecanduan keluar dalam otak.

Penelitian memang menunjukkan bahwa orang yang selingkuh bisa mengulanginya lagi, tetapi tidak selalu. Ada pula yang bertobat dan tak mengulangi lagi perselingkuhan. Orang yang berselingkuh bisa berubah kok. Ini karena perilaku bisa berubah lewat emosi.

Jika ingin mengubah kebiasaan orang yang sering selingkuh, cobalah ubah emosinya. Apapun alasan di baliknya, selingkuh sama sekali tak dianjurkan. Apalagi hanya karena tak diperhatikan atau untuk mendapatkan simbol kesuksesan. Kalau mau mengulik lagi, ada kok hal-hal yang lebih bermatabat agar mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan seperti perhatian atau disebut sebagai orang sukses.

Untukmu yang tengah merasakan sakit karena perselingkuhan yang kedua kalinya, tolong berpikir ribuan kali untuk memaafkannya. Sebab kelangsungan perasaan dan masa depanmu bergantung dari sana.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar