Benarkah Pil KB Bisa Hilangkan Jerawat?

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Pil KB Bisa Hilangkan Jerawat
Ilustrasi (HonestDocs)

PortalMadura.Com – Kasus jerawat yang terbilang parah sering kali menghantui penderitanya. Tidak hanya bisa menyebabkan krisis kepercayaan diri, jerawat juga bisa meninggalkan bekas di wajah.

Apalagi proses penyembuhannya cukup lama, tentunya akan menyita waktu dan anggaran dalam perawatan. Lebih parahnya lagi, terkadang jerawat menjadi salah satu faktor penentu tidak diterimanya bekerja dalam beberapa bidang pekerjaan.

Nah, di antara beberapa produk perawatan khusus jerawat atau pun obatnya, tahukah Anda jika ternyata menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah jerawat?.

Seperti dijelaskan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sekaligus Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K). Ia tidak menampik, bahwa kabar pil KB menjadi ini tidak hanya sebagai isapan jempol semata.

“Iya ada pil KB yang menggunakan suatu zat tertentu, zat yang tidak meretensi air. Sehingga akhirnya dapat mencegah jerawat hingga membuat kulit wajah jadi halus,” katanya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (12/10/2019) dari laman Okezone.com.

Sebenarnya munculnya jerawat dipicu oleh produksi sebum berlebih. Sebum adalah minyak yang dilepaskan oleh kelenjar kulit dalam. Ketika sebum dan sel kulit mati bertumpuk, maka hal itu bisa menyumbat pori dan menstimulasi perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan pil KB punya peranan dalam mengatur hormon yang memproduksi sebum tersebut. Hormon ini disebut androgen yang melingkup testosteron.

Mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron dapat menekan kadar androgen di dalam tubuh. Kemudian hal ini akan mengirim sinyal kepada sel kulit untuk meminimalisir produksi sebum yang akhirnya mengurangi timbulnya jerawat.

“Tapi intinya saya tidak merekomendasikan hal ini (minum pil KB, red) untuk obat jerawat,” tambahnya.

Namun, ada efek samping yang bisa dialami jika pil KB sudah terlanjur dikonsumsi oleh wanita yang belum pernah hamil sebelumnya, dengan maksud tujuan untuk menghilangkan jerawat itu.

“Pil KB adalah pil yang membuat siklus menstruasi perempuan bagus, ketika berhenti konsumsi langsung subur lagi. Tapi saya tetap tidak menyarankan memakai cara konsumsi pil KB sebagai obat jerawat,” tandas dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).

Baca Juga : Cara Hilangkan Jerawat dengan Minyak Jarak

Intinya, selain bisa menghambat terjadinya kehamilan. Pil KB juga dipercaya ampuh mengatasi masalah jerawat. Meskipun begitu, hal ini tidak sepenuhnya direkomendasikan. Apalagi dilakukan oleh wanita yang beum pernah hamil sebelumnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.